NILAI PENDIDIKAN DALAM TETRALOGI LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA

  • Hendrik Furqon Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
Keywords: Nilai Pendidikan, Kajian Pragmatic, Tetralogi Laskar Pelangi

Abstract

Novel Tetralogi Laskar Pelangi adalah novel yang banyak mengandung nilai pendidikan. Untuk mengungkap nilai pendidikan dalam novel Tetralogi Laskar Pelangi Penulis menggunakan pendekatan Pragmatik.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Tetralogi Laskar Pelangi. Kajian dalam penelitian ini adalah pendekatan Pragmatik untuk mengetahui nilai pendidikan dalam novel Tetralogi Laskar Pelangi. Data penelitian ini adalah kutipan dari paragraf, kalimat, frase, dialog dalam empat novel tersebut. Data dikumpulkan dalam beberapa teknin yaitu; observasi tidak langsung, pencatatan dan studi kepustakaan. Data di analisis dengan teknik deskriftif kualitatif.

Hasil penelitian ini adalah Nilai pendidikan dalam novel Tetralogi Laskar Pelangi yang meliputi nilai perjuangan, nilai moral, nilai setia kawan nilai sosial, yang berhubungan dengan kemiskinan dan kebodohan yang tercantum dalam Tetralogi Laskar Pelangi.

Published
2018-11-15
How to Cite
Furqon, H. (2018). NILAI PENDIDIKAN DALAM TETRALOGI LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA. PENTAS : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 20-29. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/1345