KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN KARANGAN NARASI BERDASARKAN TEKS WAWANCARA SISWA KELAS X MA TANWIRIYAH KALISARI BAURENO BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2015/2016
KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN KARANGAN NARASI BERDASARKAN TEKS WAWANCARA SISWA KELAS X MA TANWIRIYAH KALISARI BAURENO BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis terutama mengembangkan karangan berdasarkan teks wawancara metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik penelitian ini dilakukan dengan memberikan tugas mengarang berdasarkan teks wawancara kepadasiswa. Instrumen yang digunakan adalah petunjuk dan batasan mengarang narasi. Objek penelitian ini adalah karangan siswa yang dinilai dari aspek substansi dan aspek kebahasaan. Aspek substansi terdiri atas kemampuan menyusun kronologis dan kemampuan menyesuaikan isi narasi dengan teks wawancara. Aspek kebahasaan meliputi kemampuan menggunakan ejaan, diksi, kalima tefektif, dan paragraf. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas X MA Tanwiriyah Kalisari tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 20 orang. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kemampuan mereka dalam mengembangkan karangan narasi sudah baik. Dilihat dari segi presentase siswa memperoleh nilai pada kategori sangat baik tidak ada, kategori baik 6 orang (30%), kategori cukup 10 orang (50%), dan kategori kurang sebanyak 4 orang (20%). Adapun skor rata-rata yang diperoleh mereka adalah 69,73 dan dibulatkan menjadi 70. Dengan demikian kegiatan pembelajaran menulis narasi berdasar kanteks wawancara siswa kelas X MA Tanwiriyah Kalisari tahun pelajaran 2015/2016 sudah baik.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with PENTAS agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Engagement right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in PENTAS .
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PENTAS .
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.