POLA PENGASUHAN ABK SERTA IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI JENJANG PENDIDIKAN DASAR

  • Khotimatus Sholikhah UNISDA LAMONGAN
Keywords: Kata kunci : Pendidikan Inklusi dan Anak Berkebutuhan Khusus

Abstract

Abstract

The problems that occur in children with special needs and people with disabilities have not been 100% solved and even get solutions for them, especially the elderly. Because not all parents accept, understand, and know the right actions or ways of parenting for children with special needs. The lack of proper information often makes parents less able to handle properly. Therefore, an effective strategy is needed in overcoming the problems of children with special needs, both parents, education and the community, namely the implementation of child-friendly inclusion education. Inclusive education seeks to exist to build a school system that welcomes all diversity, needs, and differences that can be served in public schools. This type of research is qualitative research which is literature research. A qualitative approach is appropriate to apply to this research, as the study is intended to provide identifying and exploring information.  The results of the study found that all parents must have parenting skills in children with special needs. And the implementation of inclusive education has not been carried out equally. So the role of government, schools and communities is needed. So that children with special needs can develop their abilities according to their capacity.

 

Keywords : Inclusion Education and Children with Special Needs

 

Abstrak

Problematika yang terjadi pada anak-anak berkebutuhan khusus dan penyandang disabilitas belum 100% dapat terpecahkan bahkan mendapatkan solusi untuk mereka khususnya orang tua. Sebab tidak semua orang tua menerima, memahami, dan mengetahui tindakan atau cara pengasuhan yang tepat untuk anak bekebutuhan khusus. Minimnya informasi yang tepat seringkali membuat orang tua kurang mampu melakukan penanganan secara baik. Maka dibutuhkan strategi yang efektif dalam mengatasi permasalahan anak berkebutuhan khusus, baik orang tua, pendidikan dan masyarakat yaitu terselenggaranya pendidikan inklusi ramah anak. Pendidikan inklusi berusaha hadir untuk membangun sistem sekolah yang menyambut semua keragaman, kebutuhan, dan perbedaan dapat dilayani di sekolah umum. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang merupakan penelitian pustaka. Pendekatan kualitatif sesuai untuk diterapkan untuk penelitian ini, karena penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan mengidentifikasi dan mengeksplorasi informasi. Hasil penelitian menemukan bahwa semua orang tua harus memiliki keterampilan pengasuhan pada anak berkebutuhan khusus. Dan pelaksanaan pendidikan inklusi belum terlaksana dengan merata. Maka dibutuhkan peran pemerintah, sekolah dan masyarakat. Sehingga anak berkebutuhan khusus dapat mengembangkan kemampuannya sesuain dengan kapasitasnya.

 

Kata kunci : Pendidikan Inklusi dan Anak Berkebutuhan Khusus

Downloads

Download data is not yet available.

References

Stainback,William. & Stainback,Susan .(1990). Support Networks for Inclusive Schooling: Independent Integrated Education. Baltimore: Paul H. Brooks.
Tarmansyah, 2009. Perspektif Pendidikan Inkjlusif, Pendidikan Untuk Semua. Padang: Universitas Negeri Padang Press. Undang Undang Dasar 1945 pasal 31 ayat 1 dan Undang-Undang Nomor 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional bab III ayat 5 Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Abdurahman ,Mulyono, (2002), Landasan Pendidikan Inklusi dan Implikasinya dalam Penyelenggaraan Lembaga Pendidikan Tenaga Kepen didikan, Jakarta: Depdiknas. ___________ .2003.Landasan Pendidikan Inklusif dan Implikasinya dalam Penyelenggaraan LPTK. Makalah disajikan dalam pelatihan penulisan buku ajar bagi dosen jurusan PLB yang diselenggarakan oleh Ditjen Dikti. Yogyakarta, 26 Agustus 2002
Irdamurni dan Rahmiati. (2015). Pendidikan Inklusif sebagai Solusi dalam Mendidik Anak Istimewa. Jakarta: Paedea. Irdamurni. (2018). Anak Berkebutuhan Khusus. Jawa Barat: Goresan Pena
Published
2023-01-10
How to Cite
Sholikhah, K. (2023). POLA PENGASUHAN ABK SERTA IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI JENJANG PENDIDIKAN DASAR. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 9-22. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/mida.v6i1.3719
Section
Articles