Pembiasaan Karakter Islam dalam Pengembangan Buku Ajar Bahasa Jawa Piwulang 5 Pengalamanku Kelas I MI Nurur Rohmah Jasem Sidoarjo

  • Nurdyansyah Nurdyansyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Renti Pujiana Lestari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Buku Ajar Bahasa Jawa, Piwulang 5 Pengalamanku, Karakter Islam

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini meliputi: 1) mendesain dan menjelaskan kelayakan buku ajar trampil Basa Jawi piwulang 5 pengalamanku berbasis karakter islam di kelas I MI Nurur Rohmah Jasem Sidoarjo. 2) menjelaskan seberapa besar peningkatan hasil belajar dalam dikembangkan dan diterapkannya buku ajar trampil Basa Jawi piwulang 5 pengalamanku berbasis karakter islam di kelas I MI Nurur Rohmah Jasem Sidoarjo.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau Research and Development. Produk pengembangan yang dihasilkan adalah buku ajar trampil Basa Jawi piwulang 5 pengalamanku berbasis karakter islam untuk siswa kelas I MI Nurur Rohmah Jasem Sidoarjo. Model pengembangan yang digunakan peneliti adalah Walter Dick anf Lou Carey dengan 9 tahapan desain pembelajaran, diantaranya: identifikasi tujuan pembelajaran, analisis pembelajaran, identifikasi perilaku awal, menentukan tujuan pembelajaran khusus mengembangkan penilaian acuan patokan, mengembangkan strategi pembelajaran, memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, merancang dan melaksanakan evaluasi formatif, dan revisi.

 Hasil dari pengembangan buku ajar memenuhi kriteria valid dengan hasil validasi ahli desain mencapai 30%, hasil validasi ahli konten mencapai 60%, hasil validasi ahli bahasa mencapai 40%, hasil uji coba perseorangan mencapai 100%, uji coba kelompok kecil mencapai 94%, dan hasil uji coba kelompok besar mencapai 72%. Hasil analisis uji t menggunakan SPSS 15 yang menunjukkan nilai p-value statistik uji t adalah sebesar 0.00 yang berarti (< 0.05), maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak Ha diterima. Hal tersebut berarti terdapat pengaruh yang signifikan pada rata-rata nilai pretest dan postest. Dan hasil penilaian karakter religius dan tanggungjawab mengalami perubahan yang sangat meningkat setelah menggunakan buku ajar trampil Basa Jawi piwulang 5 pengalamanku berbasis karakter islam kelas I di MI Nurur Rohmah Jasem Sidoarjo.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-10
How to Cite
Nurdyansyah, N., & Lestari, R. (2020). Pembiasaan Karakter Islam dalam Pengembangan Buku Ajar Bahasa Jawa Piwulang 5 Pengalamanku Kelas I MI Nurur Rohmah Jasem Sidoarjo. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 35-49. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/mida.v3i2.986
Section
Articles