Pengembangan Pembelajaran IPS MI Berbasis Model Prolem Based Learning dan Berorientasi Kekinian

  • Tri Rachma Zakiya Ningtyas Universitas Islam Darul 'Ulum
  • Nofa Fibriana Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
Keywords: Pengembangan pembelajaran, IPS, Problem Based Learning

Abstract

Pembelajaran IPS umumnya hanya sebatas mengingat suatu fakta-fakta dan tidak sampai menjadikan peserta didik merasa terlibat dalam realitas yang terjadi di lingkungan sosialnya. Guru masih bertopang pada konsep yang abstrak dan tidak terapresiasi untuk dapat ditindaklanjuti oleh peserta didik. Guru masih memposisikan peserta didik sebatas sebagai pendengar pasif. Hal ini mengakibatkan nalar kritis peserta didik menjadi beku dan sulit memecahkan persoalan sosial yang mereka hadapi nantinya.

Melalui penggunaan model Problem Based Learning (PBL), pembelajaran IPS dapat berkembang secara kuantitatif dan kualitatif. PBL menyuguhkan berbagai situasi masalah yang autentik dan bermakna kepada peserta didik, yang dapat berfungsi sebagai batu loncatan untuk investigasi dan penyelidikan. Penerapan model PBL di tingkat pendidikan dasar memiliki batasan dalam mengkonstruksikan pemikiran anak didik dan tidak boleh menggiring ke suatu permasalahan sosial yang rumit dan memerlukan analisis dari berbagai disiplin ilmu.

Penekanan materi Ilmu Pengetahuan Sosial di SD/MI seharusnya lebih pada fakta-fakta riil yang terjadi yang berkenaan dengan interaksi manusia dengan lingkungan geografis, sosial, budaya, dan ekonomi manusia. Kegiatan pembelajaran dengan model PBL dirancang untuk memberikan pengalaman belajar dari segi fisik dan mental. Pola pengembangan melalui model PBL, adalah dengan mencatat sendiri pengetahuan yg bermakna (inkuiri). Pembelajaran IPS menjadi kesempatan untuk memperbelajarkan peserta didik tentang pengetahuan sosial yang dapat dijadikan evaluasi dalam menyongsong kehidupan bernegara di masa akan datang.

Dalam pelaksanaannya, model PBL menggunakan berbagai sumber belajar yang terstruktur, tidak monoton, dan berbaur. Termasuk di dalamnya dapat menggunakan kegiatan retensi dengan menyajikan materi yang mengena dalamĀ  mengajarkan materi interaksi manusia berkaitan dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-10
How to Cite
Ningtyas, T. R., & Fibriana, N. (2020). Pengembangan Pembelajaran IPS MI Berbasis Model Prolem Based Learning dan Berorientasi Kekinian. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 18-34. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/mida.v3i2.985
Section
Articles