KETELADANAN GURU AGAMA DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH DI MIN 2 KOTA SURABAYA

  • Masrur Huda Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Miftachul Zamroni Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Sri Wiyani Universitas Sunan Giri Surabaya
Keywords: Akhlakul karimah, Guru agama, Keteladanan

Abstract

The teacher's example has an important meaning in the educational process and is the most effective concrete example at MIN 2 Surabaya City.  The central figure in MIN 2 Surabaya City is the key to the success of the noble character formation there. In this case Arif Mustofa has an important role in the success of education at MIN 2 Surabaya City. So it is very important to do research and record the uniqueness that has happened so far at MIN 2 Surabaya City.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi & Salimi, Dasar-dasar Pendidikan Agama Islam untuk perguruan tinggi, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008.
al-Hafidz, Ahsin W, Kamus Ilmu al-Qur’an, Jakarta: Amzah, 2005.
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif, Sukabumi: CV Jejak, 2018.
An-Nahlawi, Abdurrahma, Prinsip-Prinsip dan Metode endidikan Islam, Bandung: Dipenogoro, 2019.
An-Nahlawi, Abdurrohman. Pendidikan Islam di Rumah dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insan Press, 1996.
Chaplin, J.P., Kamus Lengkap Psikologi, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005. Deparetemen Pendidikan Nasional, Undang- Undang Guru dan Dosen, (UU RI No. 14)
Th.2005) Jakarta: Sinar Grafika, 2010.
Fitrah, Muh. Luthfiyah, Metodologi Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus, Sukabumi: CV. Jejak, 2018.
Kadir, Abdul. Dkk., Dasar-dasar Pendidikan, Jakarta: Penerbit, Kencana Prenada media. 2014.
Kamaludin. Keteladanan Guru Agama Islam dalam Membentuk Akhlak Karimah Siswa, Tesis, Fakultas Tarbiyah Uin Sunan Gunung Jati, Cianjur, 2019.
Liana, Lisa. Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Keteladanan Guru Terhadap Akhlak Siswa Pada Mtsn 2, Mtsn 4, Dan Mtsn 9 Hulu Sungai Tengah. Tesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Pascasarjana Banjarmasin, 2020.
Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Makhsin, Mardzelah. Sains Pemikiran dan Etika, PTS Publication & Distributors Sdn.
Bhd 2006.
Masnunah, Siti. Peran Guru PAI Dalam Membina Akhlak Siswa Kelas XI Di SMKAN I Bangil, Tesis, Fakultas Tarbiyah, Uin Maliki Malang, 2013.
Moleong, L. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002 Mu’in, Fatchul. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik dan Praktik, Yogyakarta; Ar-
ruzz Media, 2011.
Mukhtar, Heri Jauhari. Fikih Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005. Qonita, Alya. Kamus Bahasa Indonisia Untuk Pendidikan Dasar, Jakarta: PT. Indah
Jaya, 2011.
Rufaedah, Evi Aeni. Teori Belajar Behavioristik Menurut Perspektif Islam, Jurnal Risâlah, Vol. 4, No. 1, Maret 2018.
Setyosari, H. Punaji. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta: Pramedia Grub, 2016.
Sinaga Hasanuddin dan Zahruddin. Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004.
Published
2024-01-25
How to Cite
Huda, M., Zamroni, M., & Wiyani, S. (2024). KETELADANAN GURU AGAMA DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH DI MIN 2 KOTA SURABAYA. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 37-51. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/mida.v7i1.6122
Section
Articles