IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PESANTREN DI MADRASAH

  • Sigit Priatmoko Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
Keywords: Kata Kunci: Nilai-nilai Karakter, Pesantren, Belajar Mengajar, Madrasah

Abstract

Abstrak
Dinamika perkembangan pendidikan di Indonesia selalu diwarnai dengan
berbagai problematika laten yang sampai sekarang terus menjadi pekerjaan rumah
bersama. Problematika tersebut terkait dengan sistem pendidikan, kurikulum, kualitas
lulusan, profesinoalitas, kesejahteraan dan integritas pendidik, infrastruktur, biaya, serta
akuntabilitas lembaga dan pengelola pendidikan. Selain permasalahan tersebut,
pendidikan kita juga dihadapkan dengan permasalahan dekadensi moral generasi muda.
Satu di antara penyebab masalah ini adalah masih kurang optimalnya lembaga
pendidikan dalam menjalankan perannya. Lembaga pendidikan di Indonesia dinilai
terlalu memberikan porsi yang sangat besar untuk transmisi pengetahuan, namun kurang
bahkan melupakan pengembangan sikap, nilai dan perilaku dalam pembelajaran.
Demikian juga dalam proses evaluasi, dimensi kognitif menjadi tolok ukur utama untuk
menentukan tingkat prestasi peserta didik. Akibatnya, lembaga pendidikan mampu
menghasilkan lulusan yang mempunyai pengetahuan luas namun kurang mempedulikan
lingkungan sosial di sekitarnya. Ironisnya praktek pendidikan ini juga berlangsung di
madrasah yang notabene merupakan lembaga pendidikan Islam. Madrasah seharusnya
mencontoh upaya-upaya yang dilakukan pesantren dalam hal menanamkan karakter,
yakni melalu pendekatan keteladanan, pembiasaan, pendisiplinan, proses pembelajaran
dan pengintegrasian dalam materi pelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-31
How to Cite
Priatmoko, S. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PESANTREN DI MADRASAH. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 1-10. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/mida.v4i1.601
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)