PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR FIQIH PADA SISWA KELAS I MI DARUL ULUM KATEMAS KEMBANGBAHU LAMONGAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang penggunaan media gambar. (2) Mendeskripsikan motivasi belajar (semangat belajar) peserta didik melalui media gambar pada pembelajaran fiqih kelas I MI Darul Ulum Katemas Kembangbahu Lamongan. Dalam penelitian ini, menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas. Sedangkan pengumpulan data menggunakan sumber-sumber yang didapat dari survei langsung dilapangan dengan teknik observasi aktivitas guru dan motivasi belajar peserta didik, wawancara dan dokumentasi.Dari hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwanya hasil belajar serta motivasi dan semangat belajar siswa mengalami sejumlah peningkatan yang signifikan. Adapun keberhasilan peneliti ini dapat diterlihat dari meningkatnya hasil belajar peserta didik yaitu sebelumnya pada pra siklus terdapat 4 peserta didik yang mencapai KKM dan 9 peserta didik yang belum mencapai KKM sehingga presentase ketuntasan yang di peroleh sebesar 30,76 % nilai rata-rata 54,61, serta jumlah nilai 710. Jadi bisa dikatakan masih belum mencapai KKM yang di tentukan oleh sekolahan yaitu 80%. Adapun pada siklus I terdapat 8 peserta didik tuntas belajar sedangkan 5 peserta didik yang belum tuntas. Sehingga presentase ketuntasan yang di peroleh sebesar 61,53% nilai rata-rata 66,92, serta jumlah nilai 870. Sedangkan hasil belajar pada siklus II tercatat dapat 13 peserta didik telah tuntas. Sehingga presentase ketuntasan yang di peroleh sebesar 100% nilai rata-rata 90, serta jumlah nilai 1,170.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.