UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MATA PELAJARAN PAI MATERI BERSYUKUR KEPADA ALLAH SWT DENGAN STRATEGI JIGSAW DI SDN KEDUNGWARAS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi jigsaw dan mengetahui pengaruh strategi jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III materi bersyukur kepada Allah Swt. Jenis penelitian ini yakni menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan strategi jigsaw dilaksanakan dengan cara mengelompokkan siswa, membagi materi, berdiskusi, mempresentasikan hasil diskusi, dan menyimpulkan materi bersama. (2) strategi jigsaw ternyata memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa. Hasil ini dapat dilihat dari tindakan prasiklus sampai dengan ke siklus II. Pada tindakan prasiklus nilai rata-rata mencapai 62,56 dengan presentase ketuntasan belajar 44% siswa yang tuntas atau mencapai nilai KKM yang telah ditentukan. Pada siklus 1 nilai rata-rata mencapai 73,12 dengan presentase ketuntasan belajar 62,5% siswa yang tuntas. Pada siklus 2 nilai rata-rata mencapai 83,12 dengan presentase ketuntasan belajar mencapai 87,5%. Hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus II mengalami peningkatan mencapai 26%.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.