EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SKI DI KELAS V MI AZHARIYAH TEGALREJO KECAMATAN WIDANG KABUPATEN TUBAN
Abstract
Penelitian di latar belakangi dengan rendahnya hasil belajar siswa, oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar siswa peneliti menerapkan model mind mapping pada mata pelajaran SKI di kelas V MI Azhariyah Tegalrejo. Model mind mapping suatu model yang dapat melatih siswa agar lebih kreatif dan berfikir kritis. Tujuan mempelajari SKI agar siswa dapat mengetahui sejarah-sejarah Islam terutama sejarah Khalifah, untuk meneladani sifat-sifat dari para Khalifah. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui penerapan model mind mapping pada mata pelajaran SKI. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI dengan menggunakan model mind mapping. (3) Untuk mengetahui efektifitas penerapan model mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis eksperimen. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi, tes dan dokumentasi. Dari data yang dikumpulkan, hasil perhitungan nilai rata-rata posttest lebih tinggi yaitu sebesar 57,5 sedangkan nilai rata-rata pretest sebesar 49,28. Hasil uji paired t-test, yang di dapat sebesar 8,250 > 2,145 yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata sebelum perlakuan (pre-test) dengan nilai rata-rata setelah perlakuan (post-test).
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.