PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MODEL MAKE A MATCH DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III MI ASSYAFI’IYAH GETUNG TURI LAMONGAN

  • Firda Nur Fahmi Universitas Islam Darul 'Ulum
  • Ida Lathifatul Umrah Universitas Islam Darul 'Ulum
  • Siti Wulansari Universitas Islam Darul 'Ulum
Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada  pembelajaran tematik kelas III MI Assyafi’iyah Getung. Pemecahan masalah yaitu menggunakan model make a match dengan media gambar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model Make a Match dengan media gambar pada pembelajaran. (2) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik melalui model make a match dengan media gambar pada pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi aktifitas guru dan aktifitas siswa, hasil belajar siswa, angket, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas III MI Assyafi’iyah Getung dengan jumlah 26 siswa. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik melalui model Make a Match dengan media gambar mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata mencapai 74,80 dengan presentase ketuntasan belajar 73,07%. Pada siklus II nilai rata-rata mencapai 84,42 dengan presentase ketuntasan belajar 92,30%. Dengan demikian, penerapan model make a match dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas III MI Assyafi’iyah Getung Turi Lamongan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Sa’dun dkk. 2016. Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayat, Isnu. 2019. 50 Stratrgi Pengajaran Populer. Yogyakarta: Diva Press.
Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
____________. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Belajar..
Nurjan, Syarifan. 2015. Psikologi Belajar. Ponorogo: Wade Group.
Purwanto, Ngalim. 2006. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sumarso. 2018. “Mengenal Siklus dalam Penelitian Tindakan Kelas” dalam https://goeruendeso.wordpress.com/2018/03/18, diakses pada tanggal 11 Juni 2021.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Edisi 2. Jakarta: Kencana.
Tukiran dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.
Zumaroh, Siti. 2020. “Penerapan Model Talking Stick dengan Media Chart pada Pembelajaan Fiqih Kelas III di MI Bahrul Ulum Kemlagilor Turi Lamongan”. Skripsi: Fakultas Agama Islam Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan.
Published
2022-07-10
How to Cite
Fahmi, F., Umrah, I., & Wulansari, S. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MODEL MAKE A MATCH DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III MI ASSYAFI’IYAH GETUNG TURI LAMONGAN. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 171-186. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/4877
Section
Articles