ANALISIS KURANGNYA MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MASA PANDEMI
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah Penyebab Kurangnya Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Masa Pandemi Di Kelas III SD Negeri 07 Sungai Dangin. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui data lengkap mengenai “Analisis Penyebab Kurangnya Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Masa Pandemi Di Kelas III SD Negeri 07 Sungai Dangin ”. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, pengumpulan data dengan teknik angket, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri 07 Sungai Dangin yang berjumlah 20 orang siswa terdiri dari 6 siswi perempuan dan 14 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian dan pengumpulan data diketahui penyebab kurangnya motivasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas III disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal yang terdapat lima indikator (1) Internal S 42% TS 58%. Eksternal S 58% TS 42% (2) Internal S 53% TS 47%. Ekternal S 72% TS 27% (3) Internal S 47% TS 53% (4) Internal S 67% TS 33% (5) Internal S 48% TS 52%. Eksternal S 29% TS 71%.
Downloads
References
Apriani, S., & Widhiasih, A. P. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Logika Matematika Melaui Metode Eksperimen Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Riyadhul Aulad Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(02), 11.
Arianti, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181
Edu, A. L., Saiman, M., & Nasar, I. (2022). Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2).
Eriany, P., Hernawati, L., & Goeritno, H. (2014). Studi Deskriptif Mengenai Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Mengikuti Kegiatan Bimbingan Belajar Pada Siswa Smp Di Semarang. Psikodimensia.
Fitriyani, M. A., & Fadillah, D. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Kelas 3 SDN Jurumudi 3. Jurnal Pendidikan dan Konseling.
Heri, T. (2019). Meningkatkan Motivasi Minat Belajar Siswa. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 15(1). https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1369
Izzatunnisa, L., Suryanda, A., Kholifah, A. S., Loka, C., Goesvita, P. P. I., Aghata, P. S., & Anggraeni, S. (2021). Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi dalam Proses Belajar dari Rumah. Jurnal Pendidikan, 9(2), 7–14. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i2.811
Kamaluddin, M. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Strategi untuk Meningkatkannya. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2017.
Kusumastuti, A., Wibawa, S., & Subekti, N. A. (2021). The impact of COVID-19 on motivation and learning strategies in higher education: A case study in Indonesia. Cakrawala Pendidikan, 40(2), 335–349.
Lomu, L. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia.
Mustajab, A., Muhardjito, M., & Sunaryono, S. (2019). Effects of 7-step Problems Based Learning and Scientific Reasoning on Problem Solving Abilities. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(1), 47–60. https://doi.org/10.23960/jpf.v8.n1.202006
Nugroho, G. (2020). Analisis motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDN 16/ii Sepunggur. Integrated Science Education Journal, 1(2), 67–71. https://doi.org/10.37251/isej.v1i2.67
Nurrawi, A. E. P., Zahra, A. T., Aulia, D., Greis, G., & Mubarok, S. (2023). Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.2449
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Rahmawati, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X Sma N 1 Piyungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi.
Rani, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Akidah Akhlak Pada Peserta Didik Kelas IX Semester Ganjil MTSN 2 Tanah Laut Tahun Pelajaran 2020-202. Edutech : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(1), 11.
Rismawati, N. W. R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3). https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19509
Simaremare, J. A., & Thesalonika, E. (2021). Penerapan Metode Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Tunas Bangsa, 8(2), 113–133. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v8i2.1642
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.