PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KOMPETENSI SOSIAL PESERTA DIDIK DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL

  • Anggie Fatimatus Zahro' Mahasiswa
  • Uswatun Hasanah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Abstract

Abstract

This research is motivated by Iswinarti's theory which states that one of the factors that affect social competence is the family environment. Children first time receive education and guidance from the family, especially parents. Parents are the most important key to the formation and development of a child's personality. This study aims to determine the influence of parenting on the social competence of students. This study used a quantitative approach with a correlation type of research. The population in this study was all students of grades 4, 5 and 6 MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. The sampling technique was carried out by purposive sampling so that the sample were used 46 students from 5 grade. The results of this study showed that 1) The parenting style of grade 5 parents in MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung predominantly applies democratic parenting. 2) There is an influence of parenting on the social competence of students in MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung with a significance value of 0.000 > 0.05 and Fcalculate = 9.945 > Ftabel = 2.83. 3) The influence of parenting on the social competence of students in MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung was 0.415 or equal to 41.5% (in the moderate / moderate category) and the rest was influenced by other factors that were not studied in this study.

Keywoard: Parenting, Parents, Social Competence

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh teori Iswinarti yang menyatakan bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi kompetensi sosial adalah lingkungan keluarga. Anak pertama kali mendapat pendidikan dan pembinaan dari keluarga khususnya orang tua. Orang tua merupakan kunci terpenting bagi pembentukan dan perkembangan kepribadian anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap kompetensi sosial peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 4, 5 dan 6 MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling sehingga sampel yang digunakan adalah 46 peserta didik kelas 5. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pola asuh orang tua kelas 5 di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung dominan menerapkan pola asuh demokratis. 2) Ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap kompetensi sosial peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,000 > 0,05 dan Fhitung = 9,945 > Ftabel = 2,83. 3) Besar pengaruh pola asuh orang tua terhadap kompetensi sosial peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung sebesar 0,415 atau sama dengan 41,5% (masuk kategori moderat/sedang) dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: Pola Asuh, Orang Tua, Kompetensi Sosial

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-08
How to Cite
Zahro’, A., & Hasanah, U. (2023). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KOMPETENSI SOSIAL PESERTA DIDIK DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 174-190. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/mida.v6i2.4209
Section
Articles