IMPLEMENTASI PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 2 MI PERSMIN WONOKROMO, SURABAYA

  • MUIS MUIS Muis Universitas Sunan Ampel Surabaya
  • Jauharoti Alfin Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Pendekatan Komunikatif, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Deskriptif Kualitatif , pendekatan ini juga menggunakan strategi penelitian lapangan secara langsung dengan jenis penelitian studi kasus yang ada di MI-Persmin Wonokromo Surabaya. Dengan tahapan pengumpulan datanya yaitu (wawancara, observasi dan dokumentasi) pada kelas rendah yaitu kelas 2 MI-Persmin Wonokromo Surabaya. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis yang bersifat naratif kualitatif, mengidentifikasi dan menganalisis implementasi pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MI-Persmin Wonokromo Surabaya. Hasil penelitian peserta didik mampu menirukan apa yang telah diajari oleh guru kepada peserta didik. Guru harus memberikan peran aktif kepada peserta didik dalam kegiatan mengajar dalam berkomunikasi misalnya peserta didik diajarkan berdialog dengan teman sejawat, berdiskusi maupun berinteraksi diluar kelas. pembelajaran bahasa Indonesia yang memiliki peran aktif dalam hal bahasa atau komunikasi yang harus diajarkan kepada peserta didik supaya dapat menggunakan bahasa yang efektif dan sesuai dengan bahasa yang baku. Maka peserta didik dan guru harus memiliki peran aktif dalam kegiatan belajar mengajar dalam pembiasaan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Bertujuan untuk pencapaian pembelajaran bahasa indonesia mampu tersampaikan dengan baik dan dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aflinda, Yelza. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Komunikatif pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas I SDN 06 Tanjung Alam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2021, 5.3: 6916-6923.
Aripi, Rohani. iMeningkatkan iKeterampilan iBerbicara iPeserta iDidik iSekolah iDasar iMelalui iPendekatan iKomunikatif. iJurnal iDidaktika iPendidikan iDasar, i2023, i7.1: i155-170.
Desmita, (2010), Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Dibia, idkk, (2005), iPendidikan iBahasa iDan iSastra iIndonesia iDi iKelas iRendah iBerorientasi iPada iKurikulum i2004, iSingaraja: iFakultas iIlmu iPendidikan iIKIP iNegeri iSingaraja.
Djuanda, Dadan. Studi tentang penerapan pendekatan komunikatif dan pendekatan terpadu dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VI SD Negeri Sukamaju kabupaten Sumedang. Jurnal Pendidikan Dasar, Nomor, 2008, 10.
Farhurohman, Oman. Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 2017, 9.1: 23-34.
Girsang, Bang. 2012. Model, Metode, Strategi, Pendekatan dan Teknik Pembelajaran. http//pelangi-iffah.blogspot.com/2011/04/metode-dalampembelajaran-bahasa.html.
Hamalik, Oemar, (2010), Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Isjoni. (2010). Keterampilan Berbicara dan konsep dasar berbicara. Bandung: Alfabeta.
Laily, Idah Faridah. Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2015, 2.1.
Moeleong, Lexy J. (2005), Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sujiono Nurani, Yuliani, (2015), Pembelajaran Bahasa Indonesia Dikelas Tinggi Sekolah Dasar, Jakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan Universitas Negeri Jakarta
Sugiyono, i(2017), iMetode iPenelitian iPendidikan i(Pendekatan iKuantitatif, iKualitatif, idan iR i& iD), iBandung: iAlfabeta.
Sugiyono i(2019), iStatistika iUntuk iPenelitian, iBandung i: iAlfabeta.
Syaodih iSukmadinata Nana, i(2016), iMetode iPenelitian iPendidikan, iBandung i:PT.Remaja iRosdakarya.
Utami, Sri. Pengaruh kemampuan berbicara siswa melalui pendekatan komunikatif dengan metode simulasi pada pembelajaran bahasa indonesia. Likhitaprajna, 2016, 18.2: 58-66.
Zuchdi, Darmayanti dan Budiasih. 1997. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Di Kelas Rendah. Jakarta: Departement Pendidikan Dan Kebudayaan.
Zulela, (2013), Pembelajaran Bahasa Indonesia, Bandung: Rosdakarya
Published
2023-07-05
How to Cite
Muis, M., & Alfin, J. (2023). IMPLEMENTASI PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 2 MI PERSMIN WONOKROMO, SURABAYA. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 117-129. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/mida.v6i2.4162
Section
Articles