PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KONKRIT UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III MI MA’ARIF NU SUKODADI-LAMONGAN

  • Retno Nuzilatus Shoimah Univevrsitas Islam Darul Ulum Lamongan
  • Mustika Syafi'aturrosyidah Univevrsitas Islam Darul Ulum Lamongan
  • Safinatun Hadya Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
Keywords: matematika, pecahan, media konkrit

Abstract

Abstract

This study aims to investigate the effect of the use of concrete learning media on mathematics subjects in fractional material at MI Ma'arif NU Sukodadi-Lamongan. Concrete media is used to make it easier for students understanding of the concept of fractions and fractional operations. The research method used is qualitative research in descriptive qualitative. The results of the study showed a significantly increase in learning activities and understanding the fractions concepts and fraction operations. Before using concrete learning media, the results of the assessment of student learning activities were obtained as follows: 3 students were very active (12%), 7 students were active (29%), 10 students were quite active (42%), and 4 students were inactive (17%). Whereas after using concrete media the following results were obtained: 13 students were very active (54%), 7 students were active (29%), 4 students were quite active (17%), and 0 students were inactive (0%). The results of the assessment of the understanding of the concept of fractions on students were obtained through written tests in the form of giving a description item with many 5-item questions. Before using concrete learning media, the following assessment results were obtained: 18 students did not pass the KKM (75%), 6 students passed the KKM (25%), and the average student score was 71 (did not reach the KKM). Whereas after the use of concrete media the following results were obtained: 1 student did not pass the KKM (7%), 23 students passed the KKM (93%), and an average student score of 91 (reached KKM).

Keyword: mathematics, fractions, concrete learning media

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran konkrit pada mata pelajaran matematika materi pecahan di MI Ma’arif NU Sukodadi-Lamongan. Media konkrit digunakan untuk mempermudah siswa memperoleh pemahaman konsep pecahan dan operasi bilangan pecahan sederhana dengan tepat dan cepat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan bentuk descriptive kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang cukup signifikan pada aktifitas belajar dan pemahaman konsep pecahan dan operasi pecahan. Sebelum penggunaan media pembelajaran konkrit, diperoleh hasil penilaian aktifitas belajar siswa sebagai berikut: 3 siswa sangat aktif (12%), 7 siswa aktif (29%), 10 siswa cukup aktif (42%), dan 4 siswa tidak aktif (17%). Sedangkan setelah penggunaan media konkrit diperoleh hasil sebagai berikut: 13 siswa sangat aktif (54%), 7 siswa aktif (29%), 4 siswa cukup aktif (17%), dan 0 siswa tidak aktif (0%). Hasil penilaian pemahaman konsep pecahan pada siswa diperoleh melalui tes tulis berupa pemberian soal uraian dengan banyak soal 5 butir. Sebelum penggunaan media pembelajaran konkrit, diperoleh hasil penilaian sebagai berikut: 18 siswa tidak lulus KKM (75%), 6 siswa lulus KKM (25%), dan rata-rata nilai siswa 71 (tidak mencapai KKM). Sedangkan setelah penggunaan media konkrit diperoleh hasil sebagai berikut: 1 siswa tidak lulus KKM (7%), 23 siswa lulus KKM (93%), dan rata-rata nilai siswa 91 (mencapai KKM).

Kata kunci: matematika, pecahan, media konkrit

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Angkowo, R dan A, Kosasih, Media Pembelajaran (Jakarta: PT. Grasindo, 2007).
Arief Sadiman, dkk., Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, & Pemanfaatannya. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010).
Arsyad, Azhar, 2009, Media Pembelajaran, (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada).
Asep Jihaddan Abdul Haris. 2010.Evaluasi Pembelajaran.Yogyakarta: MultiPress.
Nazifah, Penggunaan Media Konkret Meningkatkan Aktivitas Siswamatematika Kelas I SDN 07 Sungai Soga Bengkayang, PGSD, FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak. 2013.
Konsorsium Perguruan Tinggi Islam, Modul Perkembangan Peserta Didik untuk PGMI Paket 6 (LAPIS-PGMI, 2008).
Mulyani Sumantri, Media Pembelajaran, (Bandung: Bumi aksara, 2007).
Musfiqon, Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran (Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya, 2012).
Nasution, S. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara, 1997).
Polya, G. 1973. How to Solve it.Princeton : Princeton University Press.
Ruseffendi.2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika. Bandung: Tarsito.
Sadiman, dkk., Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya (Jakarta:. Rajagrafindo Persada,2010).
Santoso, S Hamidjojo, media pembelajaran dalam proses belajar mengajar masa kini, (Jakarta: Depdikbud Dikti)
Sardiman, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005)
Suherman, Ermandkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sumarmo, Utari. 2010. Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Artikel pada FPMIPA UPI Bandung.
Trianang, Media Konkrit, dalam http://trianangyono.blogspot.co.id/2014/06/media-benda-konkrit-dalam-pembelajaran.html (diakses pada 5 Desember 2019)
Udin S. winataputra. dkk. (2009). Materi dan dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta:Universitas Terbuka.
Van De Walle, John. A. 2008. Matematika Sekolah Dasar Dan Menengah. Jakarta : Erlangga.
Published
2021-07-05
How to Cite
Shoimah, R., Syafi’aturrosyidah, M., & Hadya, S. (2021). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KONKRIT UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III MI MA’ARIF NU SUKODADI-LAMONGAN. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 1-18. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/4055
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)