PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “ KOTAK BERHITUNG “ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SOAL CERITA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS III MI/SD

  • Agustin Arianti Uswa Universitas sunan giri surabaya
  • Hanik Yuni Alfiyah Universitas Sunan Giri Surabaya
Keywords: Keyword: Learning Media, Counting Box

Abstract

Abstract
The purpose of this research is to develop learning media for counting squares for math story problems in class III MI/SD to make it easier for teachers to deliver learning material. This research method uses development research with the ADDIE development model. This research was conducted in three stages, namely 1) the analysis stage which consisted of media analysis and student analysis. 2) The design stage, namely the design of counting box learning media using makeshift materials, namely cardboard and several bamboo sticks. 2) the development stage, namely producing learning media that has been designed at the design stage. In addition to media production, the researchers also compiled a research instrument, namely a validation sheet. The results of this study indicate that the counting box learning media meets the criteria of being very feasible to be used as a supporting tool in the learning process. It can be interpreted that the counting box learning media can be appropriate to use with a total value of 98.80% as a learning media for class III MI / SD material about story problems in mathematics.
Keyword: Learning Media, Counting Box


Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran kotak berhitung materi soal cerita Matematika pada kelas III MI/SD agar mempermudah guru dalam menyampaiakan materi pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahapan yaitu 1) tahap analisys yang terdiri dari analisys media dan analisys siswa. 2) Tahap desain, yaitu rancangan media pembelajaran kotak berhitung dengan menggunakan bahan seadanya yaitu kardus dan beberapa stik bambu. 3) tahap pengembangan yaitu memproduksi media pembelajaran yang telah dirancang pada tahap desain. Selain produksi media peneliti juga menyusun instrument penelitian yaitu lembar validasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran kotak berhitung memenuhi kriteria sangat layak untuk digunakan sebagai sarana pendukung dalam proses pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kotak berhitung dapat layak digunakan dengan total nilai 98,80% sebagai media pembelajaran kelas III MI/SD materi soal cerita pada mata pelajaran matematika.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kotak Berhitung

Downloads

Download data is not yet available.

References

Datar, B., Ruang, D., & Winarbin, G. (n.d.). PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN HITUNG PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN HITUNG BANGUN DATAR DAN RUANG. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter (JIPK), 5(3).
Ekawati, R. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Matematika Mi / Sd Berbasis Multimedia. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 3(1), 36–44.
Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siwa Kelas 1 SD Negeri 6 Tolitoli dalam Menyelesaikan Soal Cerita Tentang Penjumlahan Dan Pengurangan. (n.d.).
Permatasari, K. T., Apriyani, E., Fitriyana, Z. N., Studi, P., Matematika, P., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2021). pengembangan media. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta TB. Simatupang, 9(2), 83–88. https://doi.org/10.21831/jpms.v9i1.25823
Tampubolon, B., Asran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, M., & Pendidikan Dasar FKIP Untan Pontianak, J. (n.d.). PENGARUH MEDIA KONKRET PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SDN 15 SEMPALAI TEBAS.
Yanti, C. O. D., Anggraini, F., & Darwanto. (2019). Media Pembelajaran Matematika Interaktif Dalam Upaya Menumbuhkan Karakter Siswa. Semnasfip, 201–206. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/article/view/5128
Arsyad, Azhar, (2016), media pembelajaran. Raja Grafindo persada. Jakarta
Akbar, Sa’adun. 2013. Instrumen Perangkat pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Sugyono, 2019. Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : ALFABET
Heruman. (2008). Model pembelajaran matematika di sekolah dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2023-01-10
How to Cite
Uswa, A., & Alfiyah, H. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “ KOTAK BERHITUNG “ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SOAL CERITA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS III MI/SD. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 63-73. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/mida.v6i1.3969
Section
Articles