EFEKTIVITAS MEDIA PUZZLE DAN MODEL SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH
Abstract
Abstract
The result of student learning at mathematic lesson still low, one of them at the theory of plan figure. It is hard for student to understand and used formula in the question, especially in question with story. This study aims to description about the effect of using puzzle and scramble model to the result of mathematic student learning at the plan figure theory. This research is quantitative research with pre-experimental design in one group pretest-posttest design. Sample of this research is all the student at four grade Tarbiyatul Banin elementary school or 20 students used purposive sampling technique. The data collection used test with descriptive analysis and using paired sample t test. The result of this study described that learning using puzzle and scramble model is better than before with an average 22%, and student can reach maximum score 95, hypothesis with significance level of 5% (a = 0,05) 0,000 £ 0,05 so H0 rejected H1 accepted it is mean there is a significant different between pretest and posttest result. Based on this research, to improve mathematic plan square can be done by using puzzle and scramble model
Keyword: Puzzle Media, Scramble Model, Learning Outcomes
Abstrak
Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika masih tergolong rendah, salah satunya pada materi bangun datar. Siswa sulit memahami soal dan belum mampu mengaplikasikan rumus kedalam soal terlebih pada soal cerita. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan media puzzle dan model scramble terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pra-eksperimental dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV MI Tarbiyatul Banin yang berjumlah 20 siswa, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan menggunakan analisis data deskriptif, kemudian data diolah dengan uji paired sampel t-test. Hail penelitian mnggambarkan bahwa pembelajaran menggunakan media puzzle dan model scramble lebih baik daripada sebelumnya dengan peningkatan rata-rata 22%, dan dengan nilai maksimal yang diperoleh oleh siswa yaitu 95, pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% (a = 0,05) 0,000 £ 0,05 maka H0 ditolak H1 diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Berdasarkan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar dapat dilakukan dengan menerapkan media puzzle dan model scramble.
Kata Kunci: Media Puzzle, Model Scramble, Hasil Belajar
Downloads

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.