PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

  • Tiara Aulia Andari Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Maisaroh Ritonga Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Annisa Rahmi Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Lisa Azliani Hasibuan Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Mahya Sarah Pane Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
Keywords: Penerapan Media, Audio Visual, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Berkembangnya teknologi dan informasi memberikan pengaruh terhadap pendidikan, maka media sangat berperan penting dalam proses pembelajaran. Pemanfaatan media belajar bagi pendidik sebagai alat bantu menyampaikan materi dalam proses belajar mengajar. Melalui media pembelajaran peserta didik akan lebih mudah menerima ilmu yang disampaikan. Salah satu media pembelajaran yaitu  audio visual yang dapat diterapkan dalam pelajaran  pendidikan agama islam. Tujuan dari penelitian ini untuk menjawab permasalahan siswa dalam memahami materi Pendidikan Agama Islam melalui media audio visual. Metode penelitian menggunakan kajian pustaka yang bersumber dari buku dan jurnal. Penerapan media dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat membantu dalam mencapai tujuan pendidikan. Dalam implementasinya guru dapat menggunakan film, video, soundslide pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam,  Fikih, Akidah Akhlak dan Qur’an Hadis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, S, “Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi siswa kelas X SMA Ananda Batam”, dalam jurnal Computer Based Information System Journal, Vol. 3 No. 2, 2015), 16
Anjeli, M., & Fauzan, “Penggunaan Media Audio-Visual dalam Pembelajaran PAI pada Siswa Tunagrahita di SLB Koto Agung, Blok B Sitiung 1, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya”, dalam Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 6 No. 1, 2022), 623-632.
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011)
Arwudarachman, D, “Pengembangan media pembelajaran Audio Visual untuk meningkatkan prestasi belajar menggambar bentuk siswa kelas XI” (Doctoral dissertation, State University of Surabaya, 2015).
Choli, I, “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam”. dalam Jurnal Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2 No. 2, 2019), 35-52.
Elihami, E., & Syahid, A, “Penerapan pembelajaran pendidikan agama islam dalam membentuk karakter pribadi yang islami”. dalam jurnal Edumaspul: Jurnal Pendidikan, Vol. 2 No. 1, 2018) 79-96.
Ernanida, E., & Al Yusra, R, “Media audio visual dalam pembelajaran PAI”. dalam jurnal Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 2 No.1, 2019) 101-112.
Khaira, H, Pemanfaatan aplikasi kinemaster sebagai media pembelajaran berbasis ICT. In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia). (SemNas PBSI-3 FBS Unimed Press. 2021), 39-44
Mahmudah, L., “Pentingnya pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran IPA di Madrasah”. dalam Jurnal ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, Vol. 4 No. 1, 2017).
Maryam, D., Febiola, F., Agami, S. D., & Fawaida, U, “Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual”. dalam Jurnal TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol. 7 No. 1, 2020), 43-50.
Purwono, J, “Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan”. dalam Jurnal teknologi pendidikan dan pembelajaran, Vol. 2 No. 2, 2014).
Sanjaya, Wina, Media Komunikasi Pembelajaran (Jakarta : Kencana. 2014)
Sudjana, Nana, Media Pengajaran Penggunaan dan Pembuatannya. (Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset, 2007).
Suryani, Nunuk, Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018)
Uno, Hamzah dan Nina Lamatenggo, Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran (Jakarta: PT Bumi Aksara. 2011).
Published
2023-02-08
How to Cite
Andari, T., Ritonga, M., Rahmi, A., Hasibuan, L., & Pane, M. (2023). PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 100-107. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/mida.v6i1.3807
Section
Articles