PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI BERBASIS DISCOVERY LEARNING

  • Hendrik Furqon Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
  • Hanida Ika Pradita
Keywords: pengembangan, bahan ajar, kevalidan, keefektifan, kemenarikan, teks negosiasi, model Discovery Learning

Abstract

Abstract

Based on the K13 curriculum, the Indonesian language learning requires a new innovation in terms of the teaching and learning aspects that are used by students. The majority of the 2013 curriculum learning is using my mother's package, which was inaugurated by the government. The Packet book is like the LKS, which makes students bored and lazy to study it. My mother, the package, is still less valid, less effective, and less interesting, so students are less iterative in the material, this is the only thing. Negotiation text learning requires a learning model that can involve students in searching for and investigating themselves in solving problems. The ilearning model is the learning discovery model. The objectives of this research include: (1) to describe the validity and attractiveness of teaching and learning activities, (2) to describe the effectiveness of teaching materials, (3) to describe the attractiveness of students towards teaching learning. This research is a type of R&D development research using the qualitative and quantitative research method as well as the ADDIE development model. The steps in the teaching development process include: (1) product design, (2) product validation test, (3) product revision, and (4) product testing. The subjects of this. research were chosen according to their needs, namely: (1) expert test takers content and design, (2) effectiveness experts, and (3) students. Based on analysis, the results of validity test and expert content test are i83.8% with category very good, the test of effectiveness of teaching-learning item is i86.8% with category very small very good, ari-test is very good The test for the attractiveness of the wide-ranging students got a score of 88.6%, with an very good category.

 

Keywords: development, teaching change, attractiveness, negotiation items, Discovery Learning model

Abstrak

Berlandaskan kurikulum K13, pembelajaran bahasa Indonesia menuntut adanya sebuah inovasi baru dari segi pembelajaran dan bahan ajar yang digunakan siswa. Pembelajaran kurikulum 2013 adalah menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang diresmikan pemerintah. LKS membuat siswa bosan dan malas untuk mempelajarinya, buku paket tersebut masih kurang valid, kurang efektif, dan kurang menarik sehingga siswa kurang tertarik dengan materi di dalamnya, salah satunya adalah teks negosiasi. Pembelajaran teks negosiasi memerlukan model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk mencari dan menyelidiki sendiri dalam menyelesaikan masalah. Model pembelajaran tersebut adalah model discovery learning. Adapun tujuan dalam penelitian ini, meliputi: (1) mendeskripsikan kevalidan bahan ajar, (2) mendeskripsikan keefektifan bahan ajar, (3) mendeskripsikan kemenarikan siswa terhadap bahan ajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif serta model pengembangan ADDIE. Langkah-langkah proses pengembangan bahan ajar meliputi: (1) mendesain produk, (2) uji   validasi produk, (3) revisi produk, dan (4) uji coba produk. Subjek penelitian ini dipilih sesuai dengan kebutuhan yaitu: (1) validator ahli isi dan desain, (2) ahli keefektifan, dan (3) siswa.   Berdasarkan analisis   diperoleh   hasil uji kevalidan ahli isi dan desain sebanyak 83.8% dengan kategori sangat baik, uji efektifitas bahan ajar teks negosiasi sebanyak 86.8% dengan kategori sangat baik, uji kemenarikan siswa skala kecil sebanyak 88% dengan kategori sangat baik, dan uji kemenarikan siswa skala luas mendapatkan nilai sebanyak 88.6% dengan kategori sangat baik.

Kata Kunci: pengembangan, bahan ajar, keefektifan, teks negosiasi, model Discovery Learning

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainamulyana. 2022. Penelitian Pengembangan (Research and Development) Pengertian, Tujuan dan Langkah-Langkah R&D.
https://ainamulyana.blogspot.co m/2016/04/penelitian- pengembangan-research- and.html. Diakses tanggal 25 Februari 2022.
Elisa,Edi.2016.Pengertian Pembelajaran. https://educhannel.id/blog/ artikel/pengertian- pembelajaran.html. Diakses tanggal 29 Februari 2022.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Buku Bahasa Indonesia.Jakarta: Kemendikbud.
Kurnia, Tia Dwi dkk. 2019. “Model ADDIE untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D
Pagelip”. Cirebon, hal. 518- 523.
Mudlofir, Ali. “Aplikasi
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam”. Jakarta: Rajawali Pers, 2015, hal. 128.
Mustiari. 2017. Pengembangan Bahan Ajar IPA Materi Rantai Makanan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Thesis (Tidak diterbitkan). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Siregar, Saripah Hannum. 2022. Pengembangan Bahan Ajar Teks Negosiasi Berbasis Al-Qur’an dan Hadis Siswa Kelas X MAN 2 Model Medan. Thesis (Tidak diterbitkan). Medan: UNIMED.
Sitepu. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wiandita, Fati Rahma. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Teks Anekdot dengan Pendekatan Konstruktivis. Lamongan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Darul Ulum Lamongan.
Za’imah, Devi Nor. 2020.
Pengembangan Bahan Ajar Teks Negosiasi Bermuatan Fenomena Sosial dengan Pendekatan Kontekstual Kelas X SMA Kota Semarang. Thesis (Tidak diterbitkan). Semarang: Universitas Islam Sultan Agung.
Published
2023-01-10
How to Cite
Furqon, H., & Pradita, H. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI BERBASIS DISCOVERY LEARNING. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 1-8. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/mida.v6i1.3496
Section
Articles