PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB BERBASIS KOOFERATIF MAKE A MATHC PADA SISWA KELAS IV MI DATOK SULAIMAN PUTRA PALOPO

Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Berbasis Kooferatif Make A Mathc Pada Siswa Kelas IV MI Datok Sulaiman Putra Palopo

  • ani apriani Institut Agama Islam Palopo

Abstract

Skripsi ini membahas tentang  kebutuhan dalam menembangkan model pembelajaran kosa kata bahasa arab berbasis kooperatif tipe make a macht pada siswa kelas VI MI Datok Sulaiman Palopo dan validitas model pembelajaran kosa kata bahasa arab berbasis Kooperatif Tipe Make a macht pada kelas VI di MI datok sulaiman palopo. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian pengembangan ADDIE denngan pendekatan penelitian Mixed Method. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data: observasi, pengujian dan pencatatan. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan model pembelajaran bahasa Arab untuk materi kosa kata bahasa Arab yang peneliti bentuk dalam tahap model ADDIE: 1) Tahap Analisis, yang berisi informasi tentang kebutuhan siswa terhadap model pembelajaran; (2) Tahap desain, yang berisi tentang format, desain, dan bahasa model pembelajaran; (3) Tahap pengembangan, yang berisi informasi tentang pembelajaran. model Kritik dan saran penulis untuk memodifikasi hasil model, sehingga untuk memperoleh model pembelajaran yang efektif, model pembelajaran yang dikembangkan dapat dimodifikasi berkali-kali selama tahap validasi. Dengan cara ini peneliti mendapatkan hasil keefektifan untuk ahli materi yang mendapat skor 85,7% dalam kategori sangat efektif, sedangkan dari sisi desain mendapatkan 80% dalam kategori efektif, dan ahli bahasa mendapatkan 80% dalam kategori efektif. nilai berlaku untuk kategori.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Shoimah, R. N. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Konkrit Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Dan Pemahaman Konsep Pecahan Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III MI Ma’arif Nu Sukodadi-Lamongan. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 1-18.
Published
2022-01-07
How to Cite
apriani, ani. (2022). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB BERBASIS KOOFERATIF MAKE A MATHC PADA SISWA KELAS IV MI DATOK SULAIMAN PUTRA PALOPO. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 24-36. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/mida.v5i1.2931
Section
Articles