IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA DAN HAFALAN AL QUR’AN SISWA DI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN II

  • Arindo Cahyo Kuncoro Universitas PGRI Yogyakarta
Keywords: Metode Ummi, Pembelajaran Membaca dan Hafalan Al Qu’an

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, 1) mengetahui kemampuan membaca dan hafalan Al Qur’an siswa di SD Muhammadiyah Wirobrajan II, 2) mengetahui implementasi pembelajaran Al Qur’an menggunakan metode ummi di SD Muhammadiyah Wirobrajan II, 3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan pembelajaran Al Qur’an menggunakan metode ummi di SD Muhammadiyah Wirobrajan II. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, 1) Kemampuan membaca dan hafalan Al Qur’an siswa meliputi dengan 3 aspek indikator yaitu : (a) kelancaran membaca dan hafalan Al Qur’an, (b) ketepatan membaca dan hafalan Al Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid, (c) kesesuaian membaca dan hafalan Al Qur’an dengan makhrajnya. 2) Implementasi metode ummi dalam pembelajaran Al Qur’an sudah berjalan dengan baik dan lancar, siswa dalam membaca maupun menghafal Al Qur’an sudah terlihat peningkatannya sudah baik, dan pembelajaran metode ummi menyenangkan bagi siswa. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan pembelajaran Al Qur’an dengan metode ummi. Faktor pendukung ada beberapa faktor yaitu: (1) faktor internal, (2) faktor eksternal, (3) faktor pendekatan belajar, (4) metode pembelajaran, (5) spesifikasi metode ummi merupakan kekuatan dari metode ummi. Faktor penghambat dalam pengelolaan pembelajaran Al Qur’an dengan metode ummi yaitu pada awal penerapan karena karakteristik siswa berbeda-beda, dan kesulitan di jaringan dan perangkat dari orang tua siswa saat pembelajaran daring kurang maksimal dalam menyampaikan materi pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-07
How to Cite
Kuncoro, A. (2022). IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA DAN HAFALAN AL QUR’AN SISWA DI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN II. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 61-69. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/mida.v5i1.2918
Section
Articles