PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA BANGUN DATAR BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA SD/MI

  • Nur Alfia Adawiyah UIN Walisongo Semarang
  • Hamdan Husein Batubara UIN Walisongo Semarang
Keywords: Media Pembelajaran Android, Matematika SD/MI.

Abstract

Tujuan Penilitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran Interaktif Matematika Bangun Datar berbasis android untuk siswa SD/MI dengan melibatkan Ahli dan peserta didik sebagai calon pengguna pada proses pengembangan dan penilaian produknya. Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu Desain pengembangan menggunakan model pengembangan yang digunakan pada penelitian merupakan adaptasi dari model Luther, yang terdiri dari enam tahap kegiatan, yakni : Concept (konsep), Design (desain), Collecting Materials (pengumpulan bahan/materi), Assembly (pembuatan/produksi), Test Drive (uji coba) dan Distribution (distribusi). Instrumen penelitian ini adalah angket kuisioner. Tim penilai produk terdiri: ahli, guru SD/MI , peer reviewer, dan respon siswa kelas V SD/MI. Hasil: Produk media pembelajaran berbasis android dalam penelitian ini dapat digunakan oleh siswa SD/MI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Shoimah, R. N. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Konkrit Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Dan Pemahaman Konsep Pecahan Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III MI Ma’arif Nu Sukodadi-Lamongan. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 1-18.
Published
2021-07-10
How to Cite
Adawiyah, N., & Batubara, H. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA BANGUN DATAR BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA SD/MI. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 31-48. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/2613
Section
Articles