IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 KARANG ENDAH KECAMATAN SS III KABUPATEN OKU TIMUR

  • Sri enggar dewi STKIP Nurul Huda Sukaraja

Abstract

Belajar merupakan aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik secara terus menerus agar memperoleh suatu perubahan. Agar tujuan pembelajaran tercapai, maka guru perlu mengetahui, mempelajari, serta mempraktikkan model pembelajaran, salah satunya yaitu model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, 2) kemampuan berpikir kritis peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif TPS, 3) seberapa besar pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif TPS terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif preexperimental design dengan desain one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 2 Karang Endah yang berjumlah 18 peserta didik dan dijadikan sampel penelitian. Analisis data menggunakan alat bantu SPSS 25. Hasil penelitian ini adalah 1) dengan uji mean pada variabel X diperoleh nilai sebesar 72,2% (kategori sedang) sehingga model pembelajaran TPS efektif untuk digunakan dalam belajar. 2) dengan uji paired sampel t test diperoleh nilai signifikansi (2 tailed) 0,000 < 0,05 yang menunjukkan adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara variabel pretest (sebelum) dan posttest (sesudah). 3) dengan uji regresi linier sederhana diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 dengan besarnya pengaruh sebesar 75,2%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-23
How to Cite
dewi, S. (2021). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 KARANG ENDAH KECAMATAN SS III KABUPATEN OKU TIMUR. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 79-89. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/mida.v4i2.2487
Section
Articles