KANTIN KEJUJURAN SEBAGAI SARANA PENANAMAN SIFAT JUJUR PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH TINGKAT DASAR

  • Tri Ratna Dewi Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu dan Pendidikan (STKIP) Nurul Huda, OKU Timur, Sum-Sel
  • Miftahur Rohmah Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu dan Pendidikan (STKIP) Nurul Huda, OKU Timur, Sum-Sel
  • Rely Kurniawan Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu dan Pendidikan (STKIP) Nurul Huda, OKU Timur, Sum-Sel
Keywords: kantin kejujuran, penanaman sifat jujur

Abstract

Abstrak
Tujuan dari penulisan artikel ini untuk mengetahui bagaimana pengelolaan kantin kejujuran
sebagai sarana untuk menanamkan sifat jujur kepada peserta didik. Kantin kejujuran merupakan kantin
yang tidak sama seperti kantin biasanya, pada kantin kejujuran tidak ada pelayanan jual beli, peserta didik
ketika membeli melayani dirinya sendiri, dengan diterapkannya kantin kejujuran disekolah pastinya
memberikan dampak pada sifat jujur peserta didik yakni dampak pada kejujuran ketika berbicara, jujur
ketika bermuamalah, jujur ketika berjanji. Pihak sekolah tentu mendukung sepenuhnya dengan
pengembangan kantin kejujuran ini. Menanamkan pendidikan akhlak sejak dini, diperlukan sarana dan
media yang tepat dalam rangka mentransformasikan pendidikan tersebut kepada anak didik. Salah satu
sarana yang dapat digunakan untuk mengajarkan dan membiasakan kejujuran kepada anak didik adalah
melalui penerapan kantin kejujuran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-01
How to Cite
Dewi, T., Rohmah, M., & Kurniawan, R. (2020). KANTIN KEJUJURAN SEBAGAI SARANA PENANAMAN SIFAT JUJUR PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH TINGKAT DASAR. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 44-52. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/mida.v3i1.1839
Section
Articles