PENERAPAN STRATEGI DICTOGLOS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI PERISTIWA SEJARAH

  • Adhita Dwi Handayani UNISDA LAMONGAN
Keywords: strategi, sejarah, kemampuan bercerita

Abstract

Abstrak : Latar belakang penelitian ini berawal dari sebuah proses pembelajaran
yang dilakukan oleh guru yang mengajar di kelas tinggi. Dalam proses
pembelajarannya tersebut guru jarang menggunakan media pembelajaran dan strategi
pembelajaran yang unik untuk menunjang proses pembelajarannya. Cara yang
digunakan guru dalam proses pembelajaran adalah dengan metode ceramah saja,
sehingga cara guru mengajar membuat siswa mengalami kebosanan, bicara sendiri,
mengantuk, bercerita dengan teman sebangkunya, dan siswa tidak tertarik dengan
pembelajaran tersebut. Apalagi mata pembelajaran pada saat itu adalah tentang sejarah
Indonesia. Pada akhirnya banyak siswa yang tidak dapat menerima konsep
pembelajaran pada hari itu. Sedangkan dalam kurikulum 2013 siswa dituntut untuk
berfikir kreatif, aktif dan produktif serta siswa terlibat langsung dengan proses
pembelajaran. Hal ini mengakibatkan penurunan siswa dalam pemahaman akan materi
tentang sejarah, maka perlu adanya pemecahan masalah yaitu penggunaan strategi
dictoglos. Tujuan peneliti ini untuk mengkaji aktivitas guru dan siswa selama proses
pembelajaran dengan menggunakan strategi dictoglos. Dengan menggunakan strategi
dictoglos siswa lebih senang dan antusias dalam proses pembelajaran. Penelitian ini
menggunakan Penelitian Tindakan Kelas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-10
How to Cite
Handayani, A. (2020). PENERAPAN STRATEGI DICTOGLOS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI PERISTIWA SEJARAH. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 30-43. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/mida.v3i1.1838
Section
Articles