PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KONKRIT UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III MI MA’ARIF NU SUKODADI-LAMONGAN

  • Retno Nuzilatus Shoimah UNISDA LAMONGAN
Keywords: matematika, pecahan, media konkrit

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran
konkrit pada mata pelajaran matematika materi pecahan di MI Ma’arif NU SukodadiLamongan. Media konkrit digunakan untuk mempermudah siswa memperoleh pemahaman
konsep pecahan dan operasi bilangan pecahan sederhana dengan tepat dan cepat. Metode
penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan bentuk descriptive kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang cukup signifikan pada aktifitas
belajar dan pemahaman konsep pecahan dan operasi pecahan. Sebelum penggunaan media
pembelajaran konkrit, diperoleh hasil penilaian aktifitas belajar siswa sebagai berikut: 3
siswa sangat aktif (12%), 7 siswa aktif (29%), 10 siswa cukup aktif (42%), dan 4 siswa
tidak aktif (17%). Sedangkan setelah penggunaan media konkrit diperoleh hasil sebagai
berikut: 13 siswa sangat aktif (54%), 7 siswa aktif (29%), 4 siswa cukup aktif (17%), dan 0
siswa tidak aktif (0%). Hasil penilaian pemahaman konsep pecahan pada siswa diperoleh
melalui tes tulis berupa pemberian soal uraian dengan banyak soal 5 butir. Sebelum
penggunaan media pembelajaran konkrit, diperoleh hasil penilaian sebagai berikut: 18
siswa tidak lulus KKM (75%), 6 siswa lulus KKM (25%), dan rata-rata nilai siswa 71
(tidak mencapai KKM). Sedangkan setelah penggunaan media konkrit diperoleh hasil
sebagai berikut: 1 siswa tidak lulus KKM (7%), 23 siswa lulus KKM (93%), dan rata-rata
nilai siswa 91 (mencapai KKM).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-10
How to Cite
Shoimah, R. (2020). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KONKRIT UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III MI MA’ARIF NU SUKODADI-LAMONGAN. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 1-18. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/1836
Section
Articles