Phenomenon Of Changes In Increasing Development Of Students In Basic School
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk menggambarkan penyimpangan perkembangan sosial pada anak yang ada pada lingkungan yang memiliki permasalahan dalam hal membaca dan berhitung. Perkembangan anak-anak sangat dipengaruhi oleh aktivitas bermain dan sosialisasi anak dengan teman sebaya. Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus pada siswa sekolah dasar pada lingkungan social tertentu. Teknik pengumpulan data dalam tulisan ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analitik menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengujian validitas data menggunakan uji kredibilitas dengan melakukan triangulasi bahan referensi dan cek anggota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari hubungan lingkungan sosialnya, beberapa anak termasuk dalam kategori anak terlantar. Tetapi untuk beberapa anak lain, subjek termasuk dalam kategori anak yang ditolak. Dari aspek aktivitas, menunjukkan perilaku unik pada anak sekolah dasar. Dalam kondisi tersebut subjek tetap memainkan perilaku yang aktif di lingkungan sosialnya.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.