Model Pembelajaran Terpadu Mata Pelajaran IPS Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Tema Indahnya Kebersamaan

  • Muhamad Arif STAI Al-Azhar Menganti Gresik
Keywords: Kata Kunci: Model Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial, Sekolah Dasar

Abstract

Model pembelajaran adalah sebuah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur secara sistematis agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran juga menjadi sebuah pedoman bagi guru dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran maka sangatlah perlu melakukan pembaruan tentang sebuah model pembelajaran pada kurikulum terpadu (tematik) yang sangat mudah di pahami oleh peserta didik terutama dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), tentang keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia. Model-model pembelajaran terpadu, meliputi: Model dalam satu desain ilmu meliputi model keterhubungan, yaitu model connected  dan model nested. Model antar mata pelajaran yaitu keterurutan antar mata pelajaran, meliputi: sequenced, shared, webbed, threaded, integrate. Model lintas siswa yaitu: Immersed dan networked. Dan model pembelajaran terpadu Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), meliputi: Model integrasi berdasarkan tema, Model integrasi berdasarkan potensi utama dan Model integrasi berdasarkan masalah. Penulis menggunakan model integrasi berbasis tema agar siswa lebih mudah memahami, terutama kelas IV tema indahnya kebersamaan di madrasah ibtidaiyah.

Published
2019-01-07
How to Cite
Arif, M. (2019). Model Pembelajaran Terpadu Mata Pelajaran IPS Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Tema Indahnya Kebersamaan. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 46-59. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/1337
Section
Articles