Penerapan Pembelajaran Terpadu Tipe Networked Bertema Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan salah satu pembelajaran terpadu tipe networked yang pada dasarnya merupakan suatu kegiatan belajar mengajar dengan memadukan materi dan beberapa mata pelajaran atau beberapa topik pelajaran dalam satu tema dengan mendatangkan seorang ahli.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang dipergunakan meliputi observasi, dan wawancara pada guru, hasil menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran terpadu tipe networked mampu mempermudah pemahaman siswa mengenai materi pembelajaran yang dijelaskan karena dengan didatangkannya seorang ahli dalamĀ bidangnya mampu meningkatkan motivasi dan pengetahuan secara detail mengenai pembelajaran yang dipelajari oleh siswa sehingga dapat meningkatkan pemahamanĀ mengenai tema hidup bersih dan sehat di sekolah dasar.
Kesimpulan pembelajaran terpadu tipe networked dapat diintegrasikan dengan berbagai mata pelajaran, materi, dan tema dalam mempermudah menjelaskan materi atau tema yang dipelajari oleh siswa. Sehingga pendidik mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dan mengajarkan konsep pelajaran tentang tema hidup bersih dan sehat di sekolah dasar. Selain itu pendidik juga mampu mengenalkan seorang ahli dan siswa mampu mengetahui peran ahli dalam pengintegrasian mata pelajaran dengan baik.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.