Penggunaan Media Puzzle dalam Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa

  • Adhita Dwi Handayani Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
Keywords: Kata kunci : Media Puzzle, Pembelajaran Tematik, Berfikir Kreatif

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari sebuah proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang mengajar di kelas 1. Dalam proses pembelajarannya tersebut guru  jarang menggunakan media pembelajaran untuk menunjang proses pembelajarannya.  Cara yang digunakan  guru dalam proses pembelajaran adalah dengan metode ceramah saja, sehingga cara guru mengajar membuat siswa mengalami kebosanan, bicara sendiri, mengantuk, bercerita dengan teman sebangkunya, dan siswa tidak tertarik dengan pembelajaran tersebut. Pada akhirnya banyak siswa yang tidak dapat menerima konsep pembelajaran pada hari itu. Sedangkan dalam kurikulum 2013 siswa dituntut untuk berfikir kreatif dan siswa terlibat langsung dengan proses pembelajaran. Hal ini mengakibatkan penurunan siswa dalam berfikir kreatifnya, maka perlu adanya pemecahan masalah yaitu menggunakan media puzzle. Tujuan peneliti ini untuk mengkaji aktivitas guru dan siswa serta berfikir kreatifnya selama proses pembelajaran tematik dengan menggunakan media puzzle pada mata pelajaran tematik. Dan mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan media puzzle pada mata pelajaran tematik. Dengan menggunakan media puzzle ini diharapkan kepada siswa dapat memahami materi mata pelajaran tematik khususnya pada tema enam yaitu lingkungan bersih, indah dan asri  dengan mudah serta terkonsep pada pemikiran anak-anak serta dapat menggembangkan berfikir kreatifnya.  Dengan menggunakan media puzzle siswa lebih senang dan antusias dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas.

Published
2019-01-07
How to Cite
Handayani, A. (2019). Penggunaan Media Puzzle dalam Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 1-17. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/1333
Section
Articles