ANALISIS RESEPSI SASTRA BAGI MAHASISWA PGMI UNISDA LAMONGAN DALAM NOVEL KKN DI DESA PENARI (KAJIAN RESEPSI NILAI DAN PENDIDIKAN KARAKTER)

  • Bisarul Ihsan unisda lamongan
  • Retno Winarni Universitas Sebelas Maret
  • Wahyu Dini Septiari Universitas Veteran Bangun Nusantara
Keywords: Resepsi Sastra, Mahasiswa PGMI, Nilai dan Pendidikan Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa PGMI terhadap nilai dan pendidikan karakter yang muncul dalam novel KKN di Desa Penari Karya Simpleman. Sumber data dalam penelitian ini ialah nonvel KKN di Desa Penari karya Simplemen tahun 2019. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif, yang terdiri atas tiga komponen analisis, yaitu: reduks data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini ialah, nilai dan pendidikan karakter berdasarkan resepsi mahasiswa PGMI terhadap novel KKN di Desa Penari berupa kebijaksanaan, keberanian, pengendalian diri, cinta, sikap positif, bekerja keras, dan syukur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aritonang, Devina Riskiana. 2018. Analisis Pendekatan Resepsi SAstra Terhadap Novel "Chairil Anwar Tanjung Si Anak Singkong". Jurnal Linguistik. Volume 3 Nomor 1. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Linguistik/article/view/480/394
Hetami, F. (2010). Resepsi Sastra dan Intertekstualitas Sebagai Alternatif Pembelajaran Efektif dalam Mata Kuliah Dramaanalysis. Lembaran ilmu kependidikan, 39(2).
Pradopo, R. J. 1995. Beberapa Teori Sastra, MetodeKritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: PustakaPelajar.
Putri, W., Mursalim, D. D., & Dahlan, D. (2020). Tanggapan Remaja di Samarinda terhadap Novel Populer Jingga dan Senja Karya Esti Kinasih: Kajian Resepsi Sastra. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 4, 201-210.
Ratna, Nyoman Kutha. 2009. Beberapa Teori Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Simpleman. 2019. KKN di desa Penari. Jakarta: PT. Bukune Kreatif Cipta.
Teeuw, A. 2003. Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya.
Published
2023-02-28
Section
Articles