PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE ANIMATE UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA MATERI TEKS EKSPLANASI KELAS VIII MTs. AL KARIMI 1 GRESIK

  • Wahibul Amin MTs Al Karimi 1 Gresik
  • Siti Lathifatus Sun'iyah Universitas Islam Darul 'Ulum Lamonga
Keywords: Pengembangan, media pembelajaran, multimedia interaktif, Adobe Animate

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pengembangan dan (2) menganalisis tingkat kelayakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and development) dengan model Borg & Gall yang terdiri dari tujuh tahapan yaitu: (1) Identifikasi masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah hasil wawancara, observasi, dan angket.  

Hasil penelitian berupa media pembelajaran multimedia interaktif menunjukkan bahwa kualitas media berbasis Adobe Animate untuk pelajaran Bahasa Indonesia materi teks eksplanasi kelas VIII MTs. Al Karimi 1 Gresik mendapat kategori sangat valid dari sisi isi dan media dengan presentase yang diperoleh dari rata-rata hasil validasi sebesar 96,5%. Keefektifan media pembelajaran berdasarkan hasil perhitungan validasi diperoleh persentase sebesar 94,3%. Hal ini menunjukkan bahwa keefektifan media pembelajaran memiliki karegori sangat valid dengan kata lain sangat efektif. Sedangkan kepraktisan dari media pembelajaran multimedia interaktif berbasis Adobe Animate sebesar 92% dengan kategori sangat valid yang artinya media tersebut sangat praktis.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Alfian Khuswaidinsyah. 2018. Pengembangan Adobe Animate CC Sebagai Media Pembelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 MAN 1 Lamongan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Akbar, Sa’dun, dkk. 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Al fatah, Iqo Maulana. 2015. Pengembangan Pembelajaran Membaca Paragraf Beraksara Jawa Berbasis Blog Untuk Siswa Kelas VII Di Kabupaten Pati. Universitas Negeri Semarang.
Amil, Ahmad Jami’ul; Setyawan, A; & Dellia, P. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Membaca Berbasis Android Pokok Pembahasan Legenda Desa-Desa Di Madura Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri Se-Kabupaten Bangkalan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 5 (2) 83-86.
Arsyad, Adzhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembangannya.Yogyakarta: Andi Offset.
Ditama, Viandhika; Sulistyo, Saputro & Agung, Nugroho. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Menggunakan Program Adobe Flash Untuk Pembelajaran Kimia Materi Hidrolisis Garam SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia. 4 (2) 23-31 ISSN. 2337-9995
Hendrawansyah, Rudi & Pamudi, Tyas Catur. 2009. Multimedia Pembelajaran Lithosfer Untuk SMA Kelas X. Jurnal Teknologi Informasi. 5 (2) 714.
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Rofika Adiatama.
Kosasih. 2017. Buku Teks Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VIII Edisi Revisi 2017.Jakarta. Kemendikbud.
Munadi, Yudi. 2013. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gang Persada Pers.
Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Muslichun, Achmad. 2019. Pengembangan Aplikasi Multimedia Interaktif ASEAN GO Berbasis Adobe Animate CC Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 41 Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Nadhifah, Wening. 2016. Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Metose SQ3R Siswa Kelas Iv SD N Katongan Nglipar Gunungkidul. Universitas Negeri Yogyakarta. Hal.3
Robman, Muhammad, dkk. 2013. Starategi & Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Sanusi, Anwar & Haq, Abdil Fahmi Yahya. 2021. Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Adobe Animate CC Di Sekolah. Jurnal Budaya, Bahasa, dan Sastra Aeab. 18 (1) 2.
Robman, Muhammad, dkk. 2013. Starategi & Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Sanusi, Anwar & Haq, Abdil Fahmi Yahya. 2021. Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Adobe Animate CC Di Sekolah. Jurnal Budaya, Bahasa, dan Sastra Aeab. 18 (1) 2.
Slameto, Nia Widiyastuti & Radia, Elvira Hosein. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Adobe Flash Materi Bumi dan Alam Semesta. Perspektif Ilmu Pendidikan. 32 (1) 80.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian. Bandung. PT Remaja Rosda Karya.
Tarigan, Darmawaty; Siagian, Sahat. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. 2 (2) 190. ISSN 2355-4983.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tegeh, Made, dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (online), (https://Peraturan.bpk.go.id) diakses 25 April 2021.
Yuliana, Nita; Pratiwi, Dona Dinda; Anwar, Syaiful. 2018. Pengembangan Media Interaktif Matematika Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Pendidikan Matematika 3 (2) 50-60.
Published
2023-02-25
Section
Articles