Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini Melalui Media Buku Sensori Alphabet A-Z pada Kelompok A TK Runiah School Kota Makasar
Abstract
Salah satu upaya untuk pengembangakan potensi anak usia dini adalah
dengan memberikan berbagai stimulasi. Dengan stimulasi yang diberikan akan
mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak terutama aspek bahasa.
Salah satu pengembangan bahasa adalah kemampuan mengenal huruf. Tahap
perkembangan dari anak dari anak tidak tahu menjadi tahu tentang keterkaitan
bentuk dan bunyi huruf sehingga, anak dapat ,mengetahui bentuk huruf dan
memaknainya disebut dengan kemampuan mengenal huruf.
Berdasarkan hasil observasi dan diskusi yang dilakukan pada TK
Runiah School ternyata terdapat 4 anak dari 6 orang siswa yang berada di
kelompok A TK Runiah School kesulitan untuk mengenal huruf. Ketika guru
menunjukkan suatu huruf anak akan lama menjawab dan kebingungan untuk
menjawab. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu (1) pembelajaran
yang diberikan sangat monoton, tidak menarik sehingga anak kurang
termotivasi, (2) guru jarang menggunakan media pembelajaran yang dapat
membantu meningkatkan daya tarik dan konsenstrasi anak terhadap
pembelajaran. Oleh karena itu peneliti ingin menganalasis bagaimana
meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini melalui buku
sensori alphabet a-z pada kelompok A TK Runiah School di Makassar. Tujuan
dari penelitian ini selain untuk mengetahui bagaimana penerapan media
pembelajaran buku sensori alphabet a-z digunakan dalam kegiayan
pembelajaran , juga untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal
huruf anak usia dini di TK A Runiah School setelah menggunakan media
pembelajaran buku sensori alphabet a-z. Setelah peneliti melakukan 2 Siklus
PTK maka hasil penelitian yang telah dilaksanakan di Kelompok A TK
Runiah School di Makassar menunjukkan bahwa dengan menggunakan media
pembelajaran buku sensori alphabet a-z dapat meningkatkan kemampuan
siswa dalam mengenal huruf. Hal ini tentu akan menjadi dampak positif.