Tantangan dan Upaya Pendidikan dalam Menghadapi Era Society 5.0
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengkaji tantangan dan upaya pendidikan dalam
menghadapi era society 5.0. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan metode
library research. Era society 5.0 hadir dengan konsep kolaborasi antara manusia sebagai pusatnya
(human centered) dan teknologi sebagai dasarnya (technology based) menjadi tantangan besar
bagi pendidikan terutama pendidik. Pendidik diera society 5.0 diharuskan menjadi penggerak
peserta didik dengan kompetensi yang cukup kompleks meliputi educational competence,
competence in globalization, competence for technological commerciazation, competence in
future strategies dan counselor competence, pemanfaatan IoT (Internet Of Things), pemanfaatan
AI (Artificial Intelegence), Augmented Reality dalam pembelajaran, mengembangkan kemampuan
siswa untuk mampu berpikir kritis, berpikir kreatif, komunikatif, bekerjasama dengan baik dan
memecahkan masalah dengan tepat. Upaya yang dilakukan pendidikan menghadapi era society
5.0 terbagi menjadi empat yaitu pengoptimalan atau pemerataan infrastruktur, peningkatan
kompetensi SDM terutama pendidik, sinkronisasi kompetensi pendidikan dengan kebutuhan
industri dan pengoptimalan teknoligi sebagai alat pada kegiatan belajar mengajar