UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA SNADER GAME PADA ANAK KELOMPOK B DI RA AL ISLAM KARANGREJO SUKOLILO SUKODADI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Anis Fitriana Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
  • Novita Christy Rahayu Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
  • Atik Masruroh Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
Keywords: Membaca Permulaan, Snader Game

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media snader game pada anak kelompok B di RA Al Islam Karangrejo Sukolilo Sukodadi Tahun Pelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan peningkatan media snader game dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom reseach) dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan anak yang mencapai kualifikasi berkembang sesuai harapan (BSH), hal itu dibuktikan dengan mendapat nilai pada rata-rata kelas pra siklus kelas sebanyak 61,4, kemudian meningkat pada siklus I sebanyak 67,7 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 76,9. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media snader game dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B di RA Al Islam Karangrejo Sukolilo Sukodadi Tahun Ajaran 2021/2022. Penerapan media snader game mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak dan penelitian ini dikatakan meningkat dan berhasil. bahwa ada peningkatan pada setiap tahap, dari Pra siklus 27,2% menjadi 45,4% pada siklus I, dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan dalam menggunakan media snader game dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-10
Section
Articles