UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN MEMANCING ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL WERU PACIRAN LAMONGAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Nur Hayati Yusuf Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
  • Khoirotun Nikmah Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
  • Lailatul Maghfiroh Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
Keywords: Konsep bilangan, Permainan, Memancing Angka

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai upaya peningkatan pemahaman konsep bilangan melalui permainan memancing angka pada anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Weru Paciran Lamongan Tahun Pelajaran 2021/2022. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan peningkatan pemahaman konsep bilangan melalui permainan memancing angka anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom reseach) dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil dari Penelitian ini menunjukkan bahwa, terjadi peningkatan pemahaman konsep bilangan anak yang mencapai kualifikasi berkembang sesuai harapan (BSH), hal itu dibuktikan dengan mendapat nilai pada rata-rata kelas pra siklus 61,9, kemudian meningkat pada siklus I sebanyak 66,3 dan kemudian meningkat pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 81,6. Dapat di simpulkan bahwa penerapan permainan memancing angka dapat meningkatkan pemahman konsep bilangan pada anak kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Weru Paciran Lamongan Tahun Ajaran 2021/2022. Penerapan permainan memancing angka mampu meningkatkan pemahaman konsep bilangan anak dan penelitian ini dikatan meningkat dan berhasil, bahwa ada peningkatan pada setiap tahap, dari pra siklus 22,2% menjadi 27,7% pada siklus I,dan menjadi 100% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan dalam permainan memancing angka dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada anak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-10
Section
Articles