Peningkatan Literasi Mata Pelajaran Fikih MTs Raudlatul Huda Desa Sukoharjo Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro

  • Mohamad Mahali MTs RAUDLATUL HUDA DESA SUKOHARJO KECAMATAN KALITIDU KABUPATEN BOJONEGORO
Keywords: Peningkatan, Literasi, Mata Pelajaran Fikih, Madrasah

Abstract

Pemahaman terhadap agama Islam terutama bidang fikih mengalami dinamika yang luar biasa. Literasi mata pelajaran fikih di lembaga pendidikan madrasah perlu adanya peningkatan mutu, pengelolaan dan pengawasan yang baik. Bersamaan dengan hal tersebut, pembelajaran mata pelajaran fikih di kelas juga sangat terbatas. Oleh karenanya diperlukan inovasi dan kebijakan oleh kepala madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi mata pelajaran fikih, bagaimana peningkatannya, dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat peningkatan literasi mata pelajaran fikih di MTs Raudhatul Huda. Di antara faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah banyaknya kegiatan peserta didik yang berada d luar madrasah. Peran orang tua peserta didik terhadap pemahaman mata pelajaran fikih. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Untuk pengumpulan datanya dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MTs Raudlatul Huda Sukoharjo Kalitidu Bojonegoro telah merumuskan upaya peningkatakan literasi mata pelajaran fikih melalui perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Peningkatan literasi mata pelajaran fikih juga dilakukan dengan cara: memasukkan literasi ke dalam mata pelajaran melalui RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), membaca 15 menit sebelum KBM dimulai, mengadakan lomba baca kitab pada tiap semester, menyediakan taman baca, menyediakan perpustakaan kelas dan menjadikan perpustakaan sebagai sentral kegiatan. Peningkatan literasi mata pelajaran fikih sangat dipengaruhi oleh faktor pendukung dan faaktor penghambat. Faktor pendukung sangat di pengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor pendukung internal antara lain : adanya interaksi yang baik antar civitas akademik dengan peserta didik,  adanya sarana dan prasarana yang memadai, adanya pendampingan yang baik. Sedangkan  faktor pendukung eksternal antara lain; dukungan masyarakat, dukungan dari orang tua peserta didik, letak MTs Raudlatul Huda yang cukup strategis dan terakreditasi A dari BAN-SM 2019. Selain faktor pendukung, terdapat faktor penghambat internal dan eksternal.  Yang termasuk faktor penghambat, yakni waktu kegiatan sangat terbatas,  tingkat SDM yang rendah, adanya kegiatan peserta didik di luar madrasah, dan pola perilaku peserta didik yang kurang disiplin dan  Guru yang tidak hadir untuk mengajar. Sedangkan faktor penghambat eksternal meliputi; jaringan internet yang tidak stabil, kebijakan pemerintah, minimnya dukungan orang tua, dan pencairan Biaya Operasional Sekolah (BOS) yang tidak menentu.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-05
How to Cite
Mahali, M. (2022). Peningkatan Literasi Mata Pelajaran Fikih MTs Raudlatul Huda Desa Sukoharjo Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan Dan Pembelajarannya, 5(1), 29-42. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/edu-religia.v5i1.2975