Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK Muhammadiyah 13 Tikung Lamongan

  • M Machbub SMK Muhamamdiyah 13 Tikung Lamongan
Keywords: Pandemi Covid-19,Pendidikan Agama Islam dan Pembelajaran Jarak Jauh

Abstract

SMK Muhammadiyah 13 Tikung adalah salah satu lembaga pendidikan kejuruan yang selama masa pandemi Covid-19 yang telah menerapkan konsep Pembelajaran Jarak Jauh Pendidikan Agama Islam. Peneliti sengaja mengambil tempat penelitian di SMK Muhammadiyah 13 Tikung Lamongan, karena tertarik dengan Sistem Kurikulum Pesantren Al-Muttaqin yang yang menitikberatkan Pendidikan Agama Islam, dengan  dintegrasikan dengan  Kurikulum sekolah kejuruan yang menitikberatkan Keterampilan dan keahlian. Penelitian ini bertujuan untuk memahami Proses Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam (PAI), problematika yang dihadapi, dan berbagai solusi yang digunakan di SMK Muhammadiyah 13 Tikung Lamongan pada masa pandemi covid-19.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan  model analisis interaktif yang terdiri dari data collection, data reduction, data display, dan conclusion. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data, triangulasi teknik pengumpulan data, dan pengecekan anggota.

Hasil penelitian menunjukkan tigal hal. Pertama, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) dilaksanakan sebagai alternatif pembelajaran pada masa pandemi covid-19 dengan tetap menyesuaikan dengan situasi dan kondisi lingkungan sekolah serta orang tua. Kedua, terdapat Problem atau kendala yang mempengaruhi penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam (PAI). Ketiga, solusi dari problematika Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah perubahan orientasi yaitu bagaimana agar siswa tetap belajar di tengah pandemic covid-19 dengan tanpa ada tuntutan menyelesaikan kurikulum sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-02
How to Cite
Machbub, M. (2022). Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK Muhammadiyah 13 Tikung Lamongan. EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan Dan Pembelajarannya, 5(1), 14-22. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/edu-religia.v5i1.2973