Implementasi Peraturan Sekolah tentang Hukuman dalam Perspektif Tujuan Pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Al Huda Pongpongan Merakurak Tuban

  • MOCHAMAD ARIFIN MADRASAH IBTIDAIYAH AL HUDA PONGPONGAN MERAKURAK TUBAN
Keywords: Implementasi, Peraturan Sekolah, Hukuman,dan Pendidikan Islam

Abstract

Hukuman merupakan salah satu metode yang dipakai dalam proses belajar mengajar di lembaga pendidikan. Bentuk hukuman yang diberikan kepada siswa yang melakukan pelanggaran pun sangat beragam sesuai dengan jenis pelanggaran.Dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui bagaimana implementasi peraturan sekolah tentang hukuman dalam pendidikan Islam di MI AL HUDA Pongpongan Merakurak Tuban terhadap pencapaian tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang dipakai penulis dalam mengumpulkan data adalah metode observasi,wawancara dan metode dokumentasi untuk melengkapi data yang diperlukan. Setelah data terkumpul penulis melakukan pengolahan dan analisis terhadap peraturan sekolah tentang hukuman yang diteruskan dengan melakukan reduksi data, menyusunnya dalam satuan-satuan, mengadakan kategorisasi dan melakukan proses pemeriksaan keabsahan data. Data yang sudah diperiksa keabsahannya disajikan secara deskriptif interpretatif.  Implementasi hukuman di MI AL HUDA Pongpongan Merakurak Tuban  menunjukkan kesesuaian antara cara menghukum siswa di sekolah dengan prinsip-prinsip pelaksanaan hukuman dalam pendidikan Islam. Adanya peraturan  tersebut dapat berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pendidikan Islam yaitu terciptanya sosok anak didik yang beriman dan berakhlakul karimah. Hal ini dibuktikan dengan semakin turunnya angka pelanggaran yang dilakukan siswa MI AL HUDA Pongpongan Merakurak Tuban dari tahun ke tahun.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-01
How to Cite
ARIFIN, M. (2022). Implementasi Peraturan Sekolah tentang Hukuman dalam Perspektif Tujuan Pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Al Huda Pongpongan Merakurak Tuban. EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan Dan Pembelajarannya, 5(1), 1-13. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/edu-religia.v5i1.2971