MODEL PEMBELAJARAN ONLINE MATA PELAJARAN FIKIH DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA MIN 1 TUBAN DAN MIS HIDAYATUN NAJAH TUBAN

  • Chotidjah Chotidjah MIS Hidayatun Najah Tuban
Keywords: Pembelajaran Online, Model, Mata Pelajaran Fikih, Covid-19

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari keinginan peneliti untuk mengetahui model pembelajaran online mata pelajaran Fikih di MIN 1 Tuban dan MIS Hidayatun Najah Tuban ketika masa pandemi covid-19. Pembelajaran fikih, sebagaimana telah ditetapkan dalam kurikulum, selain bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang ibadah sebagai ilmu pengetahuan, siswa juga dituntut dapat melaksanakannya dalam bentuk praktek ibadah. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan model pembelajaran online yang dilakukan guru mata pelajaran Fikih, mulai dari persiapan rancangan pembelajaran dalam bentuk RPP sampai dengan cara memberikan penilaiannya. (2) Mendiskripsikan tantangan dan hambatan bagi guru ketika melaksanakan model pembelajaran secara online di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang memaparkan semua unsur terkait model pembelajaran online, baik dari RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran), strategi, metode dan pendekatan sampai media yang digunakan dalam melaksanakan pembelajaran secara online. Data penelitian ini adalah paparan data baik berupa hasil observasi, wawancara, dan data dokumen yang diperoleh oleh peneliti. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan penggabungan melalui teknik triangulasi. Setelah data terkumpul lalu dilakukan penganalisisan data baik dalam situs tunggal maupun multi situs. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Fikih di masa pandemi kedua lembaga pendidikan tersebut baik MIN 1 Tuban maupun MIS Hidayatun Najah menggunakan model pembelajaran online dengan berbagai macam aplikasi yaitu aplikasi e-Learning, Google Clasroom, Voice Note, Video atau dengan pembelajaran secara Virtual menggunakan aplikasi Zoom Meeting, Google Meet. Sedangkan ketika pemberian tugas dan penilaian menggunakan Google Form dengan strategi pembelajaran mandiri. Untuk metode yang digunakan adalah metode ceramah dan demonstrasi, dan diskusi. Sedangkan tantangan yang ditemukan adalah bahwa dalam penggunaan model pembelajaran online baik guru maupun siswa dituntut untuk siap mempelajari teknologi beserta tools-nya sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Adapun hambatannya adalah jaringan yang tidak stabil, kuota paketan internet yang terbatas dan tidak terkontrol serta hambatan lainnya adalah keterbatasan perangkat HP maupun laptop

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-02
How to Cite
Chotidjah, C. (2021). MODEL PEMBELAJARAN ONLINE MATA PELAJARAN FIKIH DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA MIN 1 TUBAN DAN MIS HIDAYATUN NAJAH TUBAN. EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan Dan Pembelajarannya, 3(2), 1-13. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/edu-religia.v3i2.2664