Korelasi Antara Resistensi Orang Tua Terhadap Khamar Dengan Perkembangan Akhlak Anak Di Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban

  • Syafi’i Syafi’i

Abstract

Pada umumnya keluarga merupakan bentuk sosial terkecil yang dikenal anak sejak kelahirannya begitu juga yang terjadi di masyarakat kecamatan Jenu.  Keluarga juga mempengaruhi perkembangan  jiwanya dan seharusnya mengarahkan pada pendidikan anak. disamping itu keluarga banyak mewarnai corak kepribadian anak . Dalam pembinaan fitrah orang tua harus benar dituntut mengerti dan mau mengarahkan agar anak mempunyai kepribadian yang mulia sesuai dengan ajaran Islam. Dalam mengarahkan anak pada pribadi Muslim orang tua dituntut mengerti tentang pendidikan agama. maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh siswa. Salah satunya adalah aspek pendekatan orang tua terhadap anak dalam usia belajar, pencitraan orang tua dalam kehidupan sehari-hari terhadap semua anggota keluarganya terutama bagi sang ayah. Karena bila sang ayah ini tidak memberikan suatu pengarahan yang baik terhadap anak atau bahkan memberikan contoh kegiatan atau kebiasaan yang kurang baik di mata agama sekalipun maka akan mempengaruhi proses keberhasilan anak dalam belajar.

Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan tiga metode yaitu metode Induksi, Deduksi dan metode Penelitian. Dan agar hasil penelitian berjalan dengan baik, maka dalam pengumpulan datanya, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan angket. Sedangkan untuk menganalisisnya, penulis menggunakan teknik metode analisa data penelitian korelasi.

Bertolak dari kesimpulan yang telah diuraikan di atas, perlu kiranya penulis memberikan sumbangan pemikiran berupa saran-saran antara lain, kiranya orang tua harus betul-betul fokus dalam mendidik putra-putrinya sehingga tidak ada anak yang sampai terbiasa minum Khamar tanpa di ketahui orang tuanya atau bahkan orang tuanya mengetahui tentang kebiasaan itu tetapi tidak mampu mencegahnya. Dan yang tak kalah pentingnya adalah perlunya masing-masing orang tua di Kecamatan Jenu untuk betul-betul menjahui Khamar karena itu akan berakibat fatal bagi penggunanya dan nama baik keluarganya. Hal ini dimaksudkan agar terjadi keberhasilan di dunia dan juga keberhasilan di akhirat.

 

Kata Kunci: Resistensi Orang, Perkembangan Akhlak Anak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-14
How to Cite
Syafi’i, S. (2018). Korelasi Antara Resistensi Orang Tua Terhadap Khamar Dengan Perkembangan Akhlak Anak Di Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban. EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan Dan Pembelajarannya, 1(2), 1-7. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/edu-religia.v2i1.264