HUBUNGAN KONSEP PENDIDIKAN SEKS DAN PEMBENTUKAN AKHLAK REMAJA PERSPEKTIF AL-QURAN

  • SUTAIS SUTAIS

Abstract

Dalam penulisan tesis  ini penulis mengambil judul ”Hubungan Konsep Pendidikan Seks dan Pembentukan Akhlak Remaja Perspektif Al-Qur’an”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pandangan al-Qur’an tentang konsep pendidikan seks remaja; (2) Pandangan al-Qur’an tentang pembentukan akhlak remaja; dan (3) hubungan konsep pendidikan seks dan pembentukan akhlak remaja perspektif al-Qur’an. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian Riset Perpustakaan (library research) dengan teknik metode deduktif, metode induktif, metode intepretasi, dan metode komparatif. Hasil penelitian mennunjukkan antara pendidikan seks remaja dan pembentukan  akhlak remaja dalam al-Qur’an ditemukan adanya suatu hubungan. Pendidikan seks remaja betujuan mengatur umat islam khususnya seorang remaja memahami aspek-aspek seksual dan syahwat agar tidak terjadi perbuatan yang tercela melalui batasan-batasan yang dapat mencegah terjadinya hal tersebut. Di dalam agama Islam, pendidikan seks termasuk bagian pendidikan akhlak, sedangkan pendidikan akhlak merupakan bagian dari pendidikan Islam. Oleh karena itu pendidikan seks menurut Islam harus sesuai dengan tujuan Islam. Sedangkan tujuan pendidikan Islam adalah pembentukan akhlak dan budi pekerti yang sanggup menghasilkan orang-orang yang bermoral, laki-laki maupun perempuan, jiwa yang bersih, kemauan keras, cita-cita yang benar dan akhlak yang tinggi, tahu arti kewajiban dan pelaksanaannya, menghormati hak-hak manusia, tahu membedakan mana yang buruk dengan baik, dan mengingat Tuhan dalam setiap pekerjaan yang mereka lakukan. Al-Qur’an banyak yang menjelaskan tentang pendidikan seks dan pembentukan akhlak.

Kata Kunci : Hubungan, Konsep, Pendidikan, Seks, Akhlak,  Remaja, Persepektif, Al-Qur’an

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-26
How to Cite
SUTAIS, S. (2018). HUBUNGAN KONSEP PENDIDIKAN SEKS DAN PEMBENTUKAN AKHLAK REMAJA PERSPEKTIF AL-QURAN. EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan Dan Pembelajarannya, 1(1), 20-31. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/edu-religia.v2i1.259