PENDIDIKAN ETIKA DAN KEPERIBADIAN ( STUDI ATAS PEMIKIRAN SAYED NAQUIB AL-ATTAS DAN IBNU MASKAWIH )

  • ABD. AZIS AZIS

Abstract

Islam sebagai agama yang universal dan eternal memberikan pedoman hidup (way of life) bagi manusia menuju kebahagiaan hidup lahir  dan batin, serta dunia dan akhirat. Kebahagiaan hidup manusia itulah yang menjadi sasaran hidup manusia yang pencapaiannya sangat bergantung pada masalah pendidikan. Selain itu, pendidikan merupakan kunci untuk membuka pintu ke arah modernisasi. Maka modernisasi hanya bisa dicapai melalui pemberdayaan pendidikan. Dengan demikian, modernisasi juga menjadi tujuan ajaran Islam. Akan tetapi, modernisasi yang menjadi tujuan Islam itu harus sesuai dengan tolok ukur ajarannya.dalam rangka menuju tujuan tersebut, agama samawi ini telah memiliki konsepnya, khususnya masalah pendidikan. Berdasarkan perolehan sumber datanya, penelitian ini termasuk Literatur Research  yaitu data-data yang diambil dari buku-buku, makalah dan lain-lain yang menyediakan data-data yang berkaitan dengan pembahasan tesis ini.  fokus penelitian yang diambil terdapat tiga masalah yang akan dibahas sebagai berikut, yaitu: pertama, Bagaimana pendidikan etika dan kepribadian menurut Sayed Muhammad Naquib Al-Attas ? kedua, Bagaimana Pendidikan etika kepribadian menurut Ibnu Miskawaih ? Ketiga, Bagaimana persamaan dan perbedaan pemikiran Sayed Muhammad Naquib Al-Attas dan Ibnu Maskawih tentang pendidikan dan kepribadian ? pendidikan Etika dan kepribadian menurut Ibnu Maskawih memiliki peran besar terhadap peradaban manusia, membangun suatu kebudayaan dan peradaban akan melestarikan atau mengaharmonisasikan masyarakat itu sendiri.

 

Kata Kunci : Pendidikan Etika, Pendidikan Keperibadian, Syed Naquib Al Attas, Ibnu Maskawaih.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-14
How to Cite
AZIS, A. A. (2018). PENDIDIKAN ETIKA DAN KEPERIBADIAN ( STUDI ATAS PEMIKIRAN SAYED NAQUIB AL-ATTAS DAN IBNU MASKAWIH ). EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan Dan Pembelajarannya, 2(1), 11-22. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/edu-religia.v2i1.229