KOMPARASI PEMIKIRAN AL-GHOZALI TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DENGAN KURIKULUM 2013

  • M Subhan Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
Keywords: pemikiran al-Ghozali, pendidikan islam, kurikulum 2013

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pokok-pokok pemikiran al-Ghozali tentang pendidikan islam, pokok pokok pendidikan islam dalam kurikulim 2013, dan untuk mendeskripsikan komparasi pemikiran al-Ghozali tentang pendidikan islam.

Menurut jenisnya, penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Dan analisis datamya adalah deskriptif kualitatif.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan(1)Pokok-pokok pemikiranAl-Ghazali tentang pendidikan Islam secara umum bersifat etis dan religious sehingga lebih mengedepankan aspek afektif dan psikomotorik daripada aspekkognitif. Dengan demikian ,Pendidik menurut Al-Ghozali harus memiliki sifat kasih sayang, ikhlas, serta memberi nasihat yang baik, mampu mengarahkan anak didik pada hal yang positif, mampu mengenal menakar nalar dan intelektual anak didik, mampu merangsang anak didik terhadap ilmu, mampu mengidentifikasi kelompok anak didik dan mampu memberikan suri tauladan yang baik. (2)Pokok pokok pendidikan islam dalam kurikulum 2013 secara global mempunyai tujuan yang sama yakni mencerdaskan kehidupan bangsa, bangsa yang cerdas ber awal dari lingkungan yang cerdas lingkungan yang cerdas ber awal dari keluarga yang cerdas, dalam hal ini sangat searah dengan tujuan pendidikan yang ada di Negara Indonesia sesuai dengan yang tertulis UUD 1945 yaitu: Mencerdaskan kehidupan bangsa, Mengembangkan manusia seutuhnya, Memiliki pengetahuan dan keterampilan, Sehat jasmani dan ruhani, Kepribadian yang mantap dan mandiri serta bertanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.(3).Komparasi pemikiran AL-Ghozali tentang pendidikan islam dengan kurikulum 2013. Pemikiran alghozali dalam pendidikan islam dalam semua karyanya selalu mengarah pada  terbentuknya akhlaqul karimah pada setiap diri seseorang dalam kata lain imam alghozali dalam hal pendidikan AL-Ghozali selalu menghendaki dalam semua aspek literature keilmuan haruslah dapat menjadikan para pengembannya untuk selalu menghambakan diri pada Alloh subhanahu wata ala,Komparasinya dengan kurikulum 2013hampir kesemuanya sama dalam artian di dalam kurikulum 2013 dalam semua mata pelajaran bahkan dalam pelajaran umumpun juga di sarankan dalam  penyampaiannya agar menyisipkan nilai nilai keluhuran akhlaq, hanya saja karna kurangnya kesiapan dari para pendidik karna berbagai hal yang melatar belakangi, maka tampaknya  menurut pandangan sebagian pengampu mata pelajaran, kurikulum 2013 belum saatnya di terapkan di Negara kita tercinta ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-20
How to Cite
Subhan, M. (2018). KOMPARASI PEMIKIRAN AL-GHOZALI TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DENGAN KURIKULUM 2013. EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan Dan Pembelajarannya, 1(1), 10-19. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/edu-religia.v2i2.1622