PENDIDIKAN AKHLAK DI PESANTREN (Studi Analisis Pendidikan dan Tradisi Pondok Pesantren Manbail Futuh, Beji, Jenu, Tuban dengan Perilaku Keberagaman Santri)

  • Abdullah Muttaqin Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
Keywords: Pendidikan, Akhlak, Pesantren, Pondok Pesantren Manbail Futuh

Abstract

Pendidikan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari hidup dan kehidupan manusia. Salah satu misi utama pendidikan Islam adalah untuk menyempurnakan akhlak manusia. Dengan misi itu manusia diharapkan menjadi makhluk yang bermoral, yakni makhluk yang bertanggung jawab sepenuhnya atas segala perbuatan yang dipilihnya dengan sadar, yang baik maupun yang buruk. Oleh karena itu, akhlak harus dijadikan sebagai orientasi hidup di setiap masa dan waktu. Letak pentingnya akhlak dapat dilihat dalam firman Allah dalam pembinaan akhlak adalah salah satu cara untuk mencetak tingkah laku manusia yang baik, sehingga ia berprilaku terpuji, sempurna sesuai dengan substansinya sebagai manusia, yang bertujuan mengangkatnya dari derajat yang paling tercela. Dengan dasar tersebut penulis tertarik mnenganalisis pendidikan dan tradisi pondok pesantren Manbail Futuh Beji, Jenu, Tuban.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-10
How to Cite
Muttaqin, A. (2018). PENDIDIKAN AKHLAK DI PESANTREN (Studi Analisis Pendidikan dan Tradisi Pondok Pesantren Manbail Futuh, Beji, Jenu, Tuban dengan Perilaku Keberagaman Santri). EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan Dan Pembelajarannya, 1(2), 67-79. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/edureg/article/view/1621
Section
Articles