PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KEGIATAN TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SMP DARUSSALAM KECAMATAN BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO

  • Miftakhul Anam Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
Keywords: Pengembangan Kurikulum PAI , kegiatan, Kedisiplinan

Abstract

Seorang guru harus mampu menumbuhkan sikap disiplin pada siswa agar semua kegiatan sekolah dapat terlaksana dengan baik. Menumbuhkan sikap disiplin pada siswa tentu tidaklah mudah. Seorang guru hendaknya mengupayakan dengan menggunakan metode-metode yang efektif untuk menumbuhkan kedisiplinan pada siswa. Salah satunya dengan metode pembiasaan Pembiasaan merupakan metode yang mengupayakan bagaimana agar seseorang menjadi terbiasa dalam melakukan sesuatu baik itu peraturan, ataupun kegiatan-kegiatan yang lain. Dengan pembiasaan maka seseorang akan merasa terbiasa dan ringan dalam melakukan hal tersebut, sehingga tidak ada lagi perasaan terpaksa. Pembiasaan yang diterapkan tentunya adalah pembiasaan yang positif seperti halnya pembiasaan sholat berjamaah, pembiasaan dalam perilaku sopan santun dan lain sebagainya. Hal tersebut akan membawa dampak positif bagi kedisiplinan siswa.

Metode yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian adalah metode observasi, metode dokumentasi dan metode angket. Analisis data digunakan metode analisis deskriptif untuk dokumen-dokumen kualitatif dan analisis statistik dengan program SPSS 16.0 untuk data kuantitatif.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa  (a) Sistem pelaksanaan kurikulum PAI berjalan dengan baik sesuai dengan kurikulum nasional sebagian menggunakan KKNI. Dalam pendalaman materi dan pengayaan telah diprogramkan dalam beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang dapat meningkatkan pengetahuan serta menambah keahlian para siswa dalam pendidikan PAI, (b)Dalam tahun ajaran 2018/2019 terdapat beberapa pelanggaran kecil yang dilakukan siswa tentunya sanksi akan diberikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di sekolah. Adapun report tahun 2018/2019  sikap disiplin siswa  dalam kategori 85%   Baik  dan   15 %  kurang baik.  Dalam hal ini dilakukan pembinaan intensif tentang kedisiplinan terhadap siswa-siswa yang sering melanggar tata tertib dengan melibatkan guru bimbingan dan orang tua siswa. , (c) Dalam uji statistik inferensial yang telah diuji dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan antara pengembangan kurikulum PAI berbasis kegiatan terhadap kedisiplinan siswa. Dalam penelitian ini hipotesis ho ditolak dan ha diterima sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh pengembangan kurikulum PAI berbasis kegiatan terhadap kedisiplinan terbukti.  Seperti yang telah disampaikan dalam interpretasi data pengembangan kurikulum PAI berbasis kegiatan terhadap kedisiplinan sebesar 72,0%. Sedangkan sisanya sebesar 28, % dipengaruhi oleh variabel lain selain pengembangan kurikulum. Dalam hal ini faktor-faktor lain seperti faktor pengaruh lingkungan sekolah, lingkungan rumah dan lingkungan tempat bermain juga memiliki peranan dalam perilaku disiplin siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-03
How to Cite
Anam, M. (2018). PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KEGIATAN TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SMP DARUSSALAM KECAMATAN BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO. EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan Dan Pembelajarannya, 1(2), 54-66. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/edu-religia.v2i2.1620