KONSEP BELAJAR PERSPEKTIF KITAB ADAB AL-‘ALIM WA AL-MUTA’ALLIM DAN BUKU PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER

KONSEP BELAJAR PERSPEKTIF KITAB A<DA<B AL-‘A<LIM WA AL-MUTA’ALLIM DAN BUKU PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER

  • Ahmad Saiful Ulum Imam Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
Keywords: Konsep Belajar, Kitab A<da<b Al-’A<Lim Wa Al-Muta’allim, Buku Pendidikan Islam Kontemporer

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Relevansi konsep belajar dari Kitab A<da<b Al-’A<lim Wa Al-Muta’allim dengan buku pendidikan Islam kontemporer, Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, Penelitian ini berbentuk kajian kepustakaan (Library research), Sumber data diperoleh dalam dua bentuk data, yaitu Data Primer dan Skunder. Adapun data primer yang digunakan adalah Kitab A<da<b Al-’A<lim Wa Al-Muta’allim Karya KH. Hasyim Asy’ari dan buku pendidikan Islam kontemporer dan data skunder yang digunakan adalah Ayat Al-Qur’an, Hadist, buku,kitab, jurnal, dan literatur lainnya yang relevan. Selanjutnya dianalisis dengan metode Content Analysis dan metode deskriptif kualitatif, Sehingga dapat memberikan jawaban dari pertanyaan penelitian. Dari hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa konsep belajar Kitab A<da<b Al-’A<lim Wa Al-Muta’allim memiliki Relevansi dengan buku pendidikan Islam kontemporer. karena kajian dalam kitab A<da<b Al-’A<lim Wa Al-Muta’allim banyak memiliki kesamaan dengan konsep belajar buku pendidikan Islam kontemporer. Dan selain itu posisi Pendidikan Adab sangatlah penting dan sangat perlu untuk diimplementasikan baik di dalam saat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar maupun dalam kehidupan sehari-hari, baik mulai zaman dahulu maupun pada era modern saat ini, khususnya bagi seorang Pendidik dan Peseta didik, dengan tujuan di dalamnya agar tercapai sebagai seorang yang berakhlakul karimah, profesional, bertaqwa dan bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat, Agama, dan Negara.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-05
How to Cite
Imam, A. (2018). KONSEP BELAJAR PERSPEKTIF KITAB ADAB AL-‘ALIM WA AL-MUTA’ALLIM DAN BUKU PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER. EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan Dan Pembelajarannya, 2(2), 38-53. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/edu-religia.v2i2.1619