PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO BLOGGING (VLOG) (Studi Materi Makanan Halal Dan Haram Kelas 8 SMP Negeri 4 Lamongan)

  • Zakiyah Yuliya Zulfa Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
Keywords: Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Video Blogging (VLOG)

Abstract

Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi adanya kenyataan di lapangan yang menunjukkan bahwa kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang masih sering terabaikan dengan berbagai alasan. Padahal dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi seharusnya justru semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, perlu adanya penggunaan media pembelajaran yang relevan dengan perkembangan zaman dan bisa digunakan dalam pembelajaran materi Pendidikan Agama Islam yaitu salah satunya dengan penggunaan media pembelajaran berbasis Video Blogging (VLOG) sehingga diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik yang optimal. Media pembelajaran berbasis Video Blogging (VLOG) adalah alat bantu pembelajaran yang menyajikan informasi berdasarkan fenomena nyata  atau catatan harian seseorang yang disajikan dalam bentuk audio dan visual.

Tesis ini mengkaji tentang Peningkatan Hasil Belajar Materi Pendidikan Agama Islam dengan Media Pembelajaran Berbasis VLOG di SMP Negeri 4 Lamongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pembelajaran Materi Pendidikan Agama Islam dengan Media Pembelajaran Berbasis VLOG, untuk mengetahui Hasil Belajar Materi Pendidikan Agama Islam Sebelum dan Sesudah Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis VLOG.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah Guru PAI SMP Negeri 4 Lamongan yang menggunakan media pembelajaran berbasis VLOG beserta Guru PAI lainnya dan peserta didik yang  mengikuti pembelajaran VLOG . Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, kuisioner dan dokumentasi yang menggunakan teknik analisa data dari tahap editing data, kategorisasi data dan penafsiran data.

Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa adanya peningkatan hasil belajar materi Pendidikan Agama Islam dengan media pembelajaran berbasis (VLOG) di SMP Negeri 4 Lamongan dibuktikan dengan hasil belajar materi PAI dengan nilai rata rata kelas yang sebelum menggunakan media pembelajaran berbasis vlog memperoleh rata-rata nilai kelas predikat cukup(C) meningkat menjadi  predikat baik(B). Dari penulisan ini dapat dijadikan acuan bagi guru bahwa dalam penggunaan media pembelajaran yang tepat akan membuat peserta didik lebih aktif dan antusias dalam mengikuti proses pembelajaran serta lebih memudahkan peserta didik dalam pemahaman materi Pendidikan Agama Islam.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-04
How to Cite
Zulfa, Z. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO BLOGGING (VLOG) (Studi Materi Makanan Halal Dan Haram Kelas 8 SMP Negeri 4 Lamongan). EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan Dan Pembelajarannya, 2(2), 16-28. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/edu-religia.v2i2.1617