An Analysis of the Readability Level of Reading Texts in Bahasa dan Sastra Inggris untuk SMA/MA XI Textbook by Using Cloze Test (A Case Study at the Eleventh Class Students of SMA Negeri 1 Sekaran Academic Year 2021/2022)

  • Khoirul Huda Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
  • Inajati Masfufah Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
Keywords: Readability Level, Tingkat Keterbacaan, Membaca Teks, Buku Pelajaran, Tes Cloze

Abstract

Abstrak : Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat keterbacaan teks bacaan dalam “Bahasa dan Sastra Inggris untuk SMA/MA XI” yang diterbitkan oleh Mediatama dengan menggunakan tes cloze pada siswa kelas sebelas SMAN 1 Sekaran tahun ajaran 2021/2022. Tes terdiri dari enam teks bacaan sebagai sampel dari populasi 47 teks bacaan dalam buku teks. Tes cloze diberikan kepada 45 siswa sebagai sampel dari populasi 216 siswa kelas XI dengan menggunakan teknik purposive clusters sampling. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan didukung dengan metode penelitian kepustakaan. Prosedur dilakukan dengan membagikan tes cloze kepada siswa, mengumpulkan data, menghitung data, menganalisis data, menafsirkan data dan yang terakhir menyimpulkan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teks 1 sampai 4 mendapat nilai rata-rata kurang dari 53%. Masing-masing skor adalah 51,99%, 48,96%, 52,36% dan 51,10%. teks bacaan tersebut termasuk dalam tingkat Instruksional; Artinya siswa belum dapat memahami teks secara mandiri, mereka masih membutuhkan bimbingan dari guru dan teks-teks tersebut diperkirakan sesuai dengan kesulitan. Sedangkan teks 5 dan 6 mendapat nilai rata-rata di atas 53%. Skor tersebut adalah 63,39% dan 61,89%. teks bacaan tersebut termasuk tingkat Mandiri; artinya siswa dapat memahaminya sendiri dan teks diprediksi cukup mudah. Dari hasil temuan, penulis mendapatkan nilai rata-rata dari 6 teks bacaan adalah 54,95%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teks bacaan dalam Bahasa Inggris dan Sastra Inggris untuk SMA/MA XI semakin mendekati tingkat Instruksional. Artinya siswa cukup mudah memahami tetapi masih membutuhkan petunjuk atau bimbingan dari guru. Sehingga layak digunakan oleh kelas dan guru SMAN 1 Sekaran sebagai instrumen belajar mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alderson, J. Charles. (2000). Assessing Reading. Cambridge: Cambridge University Press.

Allington, Richard and Michael Strange. (1980). Learning Through Reading in the Content Areas. Lexington: D.C. Heath Company.

Anderson, Mark and Kathy Anderson. (1997). Text Types in English 2. South Yarra: MacMillan Education Australia

Celce-Murcia, Marianne. (1991). Teaching English as A Second or Foreign Language. Second Edition. Boston: Heinle & Heinle Publishers.

Chall, Jeanne S., and Edgar Dale. (1995). Readability revisited: The new Dale-Chall Readability Formula. Cambridge: Brookline Books.

Davis, barbara Gross. (1993). Tools for Teaching. San Fransisco: Jossey-bass Inc.

Dubay, William H. (2004). The Principles of Readability. Costa Mesa: Impact Information.

Gillet, Jean Wallace.et. al. (2012). Understanding Reading Problems. Boston: Pearson Education Inc.

Guthrie, John T.( 2008). Engaging Adolescents in Reading. Thousand Oaks.

Hariwijaya and Triton. (2007). Teknik Penulisan Skripsi & Tesis. Yogyakarta: Oryza.

Harmer, Jeremy. (1991). The Practice of English Language Teaching. London: Longman Group UK Limited.

Hartono, Rudy. (2005). Genres of Texts. Semarang: English Department Faculty of Language and Art. Semarang State University.

Heaton, J.B. (1988). Writing English Language Test. London: Longman Group UK Limited.

Hermer, Jeremy. (1991). The Practice of English Language Teaching. London: Longman.

Nuttal, Christine. (1982). Teaching Reading Skill in a Foreign Language. Oxford:Heineman International.

Oller, John W. (1979) Language Tests at School: A Pragmatic Approach. London: Longman Limited.

Osborn, Jean, et.al. (1985). Reading Education: Foundations for Literate America. Lexington: DC. Heath and Company.

Roe, Betty D, et.al. (1978). Reading Instruction in the Secondary School. Revised Edition. Boston: Houghton Mifflin Company.

Schulz, Renate A. (1982) Literature and Readability: Bridging the Gap in Foreign Language Reading, FORUM, XX (4), 10

Smith, Nila Banton and Alan Robinson. (1980.) Reading Instruction for Today’s Children, Second Edition. New York: Prentice-Hall Inc.

Sudjiono, Anas. (2007). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Van Els, Theo, et. al. (1984). Applied Linguistics and the Learning and Teaching Foreign Language. London: Edward Arnold Ltd.
Published
2021-12-31