MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS TENTANG PEMAHAMAN PERMASALAHAN SOSIAL MELAUI PENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH

  • Nur Rujiati Sekolah Dasar Negeri Kaliwates
Keywords: pemahaman permasalahan sosial, metode pemecahan masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tentang pemahaman permasalahan sosial dengan menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving) dan mengetahui peningkatan prestasi belajar IPS tentang pemahaman permasalahan sosial melalui metode pemecahan masalah (problem solving). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Kaliwates Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa siklus dengan setiap siklus terdapat perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa RPP, LKS, dan penilaian kelas. Analisis data digunakan untuk memperoleh data tentang ketuntasan belajar perorangan dan klasikal didapatkan dari penilaian kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS tentang pemahaman permasalahan sosial siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal siswa dalam siklus I (75%) dan siklus II (90%).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-05-31
How to Cite
Rujiati, N. (2023). MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS TENTANG PEMAHAMAN PERMASALAHAN SOSIAL MELAUI PENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH. MEDIA DIDAKTIKA, 9(1), 49-56. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/didaktika.v9i1.4311
Section
Articles